dc.contributor.author | Mutmainah, Siti | |
dc.date.accessioned | 2018-02-08T07:26:38Z | |
dc.date.available | 2018-02-08T07:26:38Z | |
dc.date.issued | 2016 | |
dc.identifier.uri | http://repository.umpwr.ac.id:8080/handle/123456789/1722 | |
dc.description.abstract | Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : (1) ada tidaknya pengaruh prestasi belajar siswa terhadap minat berwirausaha, (2) ada tidaknya pengaruh lingkungan keluarga terhadap minat berwirausaha, dan (3) ada tidaknya pengaruh antara prestasi belajar siswa dan lingkngan keluarga terhadap minat berwirausaha. Populasi dalam penelitian ini adalah semua siswa SMK Batik Sakti 2 Kebumen yang berjumlah 923 siswa. Dari populasi siswa tersebut diambil 103 siswa sebagai sampel. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan dokumentasi, kuesioner, dan kepustakaan. Teknik analisis data menggunakan analisis product moment. Dari hasil analisis data diketahui bahwa ada pengaruh yang signifikan antara prestasi belajar dan lingkungan keluarga terhadap minat berwirausaha siswa SMK Batik Sakti 2 kebumen dengan koefisien sebesar 0,899 dan sig < 0,05. Besar sumbangan yang diberikan oleh prestasi mata pelajaran kewirausahaan terhadap minat berwirausaha adalah 76,70 sedangkan sebesar 23,30 merupakan sumbangan faktor lainnya | en_US |
dc.publisher | Pend. Ekonomi | en_US |
dc.subject | Wira usaha siswa SMK | en_US |
dc.title | Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap. (1) perbedaan hasil belajar Kewirausahaan antara siswa yang diberi pembelajaran metode kontekstual dengan metode ceramah (2) mengetahui metode yang lebih efektif antara metode kontekstual dengan metode ceramah. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas XI pada SMK Ma’arif 3 Somalangu Kebumen yang berjumlah 203. Pengambilan sampel yang berjumlah 85 siswa dilakukan dengan random sampling. Ada 2 (dua) variabel yang dikaji dalam penelitian ini, yaitu: (1) Metode pendekatan kontekstual dan metode ceramah sebagai variable bebas. (2) Hasil belajar sebagai variable terikat. Alat pengumpul data yang digunakan dalam penelitian ini adalah dokumentasi dan tes.. Data yang dikumpulkan dianalisis dengan uji kesamaan dua variable dan uji kesamaan dua rata-rata. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada perbedaan hasil belajar Kewirausahaan antara metode pendekatan kontekstual dengan metode ceramah pada siswa kelas XI SMK Ma’arif 3 Somalangu Kebumen. Hal ini dapat dilihat analisis uji t dari hasil belajar siswa diperoleh thitung sebesar 6.943, dengan dk: 83 pada α = 5% diperoleh ttabel sebesar 1,99. Tampak bahwa thitung>ttabel pada daerah penolakan. Ho berarti bahwa ada perbedaan hasil belajar antara kelompok eksperimen dan kelompok control. | en_US |
dc.type | Thesis | en_US |