Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses pembelajaran dengan
penerapan metode quantum teaching dan untuk mengetahui seberapa besar
peningkatan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Teknologi Dasar Otomotif
bagi siswa kelas X TKR G SMK Pancasila 1 Kutoarjo tahun ajaran 2015/2016.
Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang
dilaksanakan dalam 2 siklus. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas X TKR G
SMK Pancasila 1 Kutoarjo yang berjumlah 36 siswa.Teknik pengumpulan data
dengan menggunakan metode tes, yang digunakan dalam penelitian ini adalah
lembar pretest dan lembar postest. Analisis data dalam penelitian ini dengan
menggunakan persentase dan rerata.
Hasil penelitian menunjukkan peningkatan prestasi belajar siswa dalam
materi menggunakan seal, gasket dan bearing. Rata-rata nilai siswa sebelum
memanfaatkan metode quantum teaching adalah 69 dengan ketuntasan klasikal
sebesar 64%. Rata-rata nilai siswa setelah memanfaatkan metode quantum
teaching siklus I meningkat menjadi 74 dengan ketuntasan klasikal sebesar 66%
dan lebih meningkat lagi pada siklus II yaitu menjadi 82 dengan ketuntasan
klasikal sebesar 86%. Hal ini menunjukan adanya peningkatan prestasi belajar
siswa kelas X TKR G SMK Pancasila 1 Kutoarjo tahun ajaran 2015/2016 dengan
diterapkannya model pembelajaran Quantum teaching.