Repository-Universitas Muhammadiyah Purworejo

Penerapan Model Pembelajaran Generative Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep dan Komunikasi Matematis pada Siswa Kelas VII B SMP Negeri 6 Purworejo Tahun Pelajaran 2016/2017

Show simple item record

dc.contributor.author Setiawan, Anwar
dc.date.accessioned 2018-02-08T07:30:23Z
dc.date.available 2018-02-08T07:30:23Z
dc.date.issued 2017
dc.identifier.uri http://repository.umpwr.ac.id:8080/handle/123456789/1726
dc.description.abstract Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) peningkatan pemahaman konsep siswa kelas VII B SMP Negeri 6 Purworejo melalui penerapan pembelajaran dengan model pembelajaran generative learning, 2) peningkatan komunikasi matematis lisan siswa kelas VII B SMP Negeri 6 Purworejo melalui penerapan pembelajaran dengan model pembelajaran generative learning, 3) peningkatan komunikasi matematis tertulis siswa kelas VII B SMP Negeri 6 Purworejo melalui penerapan pembelajaran dengan model pembelajaran generative learning. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) dengan subjek penelitian adalah siswa kelas VII B SMP Negeri 6 Purworejo tahun pelajaran 2016/2017 berjumlah 32 siswa yang terdiri dari 16 siswa perempuan dan 16 siswa laki-laki. Penelitian ini menggunakan model pembelajaran generative learning. Faktor yang diteliti dalam penelitian ini yaitu peningkatan pemahaman konsep, komunikasi matematis lisan, dan komunikasi matematis tertulis siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan 3 metode, yaitu observasi, tes, dan dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini dengan menggunakan analisis data kualitatif dengan pendekatan kuantitatif. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa pembelajaran menggunakan model generative learning dapat meningkatkan 1) pemahaman konsep hal ini dapat terlihat dari yang semula siswa tidak bisa menyatakan ulang sebuah konsep setelah dilakukan perbaikan dengan arahan, bimbingan, dan motivasi siswa dapat memahami konsep matematika dalam menyelesaikan permasalahan matematis dengan perolehan rerata persentase siklus I yaitu 69,75% meningkat pada siklus II menjadi 85,83%, 2) komunikasi matematis lisan hal ini dapat terlihat dari yang semula siswa tidak bisa memberikan solusi dalam permasalahan matematika setelah dilakukan perbaikan siswa mampu mengungkapkan gagasannya seperti menjelaskan gambar, istilah, dan simbol-simbol matematika dengan perolehan rerata persentase siklus I yaitu 64,58% meningkat pada siklus II menjadi 84,1%, 3) komunikasi matematis tertulis hal ini dapat terlihat dari yang semula siswa masih salah dalam memilih rumus segi empat yang sesuai setelah dilakukan perbaikan siswa mampu menuliskan gagasan yang dimilikinya, siswa mampu menerapkan istilah, siswa mampu menggunakan dan menuliskan notasi-notasi, gambar, dan simbol-simbol matematika dengan tepat dan benar dengan perolehan rerata persentase siklus I yaitu 66,99% dengan kategori cukup meningkat pada siklus II menjadi 84,38% dengan kategori baik. en_US
dc.publisher Pendidikan Matematika - FKIP en_US
dc.subject pemahaman konsep, komunikasi matematis, generative learning en_US
dc.title Penerapan Model Pembelajaran Generative Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep dan Komunikasi Matematis pada Siswa Kelas VII B SMP Negeri 6 Purworejo Tahun Pelajaran 2016/2017 en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search Repository-UMP


Browse

My Account