Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) kesalahan apa yang dilakukan
siswa kelas VII SMP Negeri 1 Sapuran tahun ajaran 2016/2017 dengan konsep diri
negatif dan (2) kesalahan apa yang dilakukan siswa kelas VII SMP Negeri 1 Sapuran
tahun ajaran 2016/2017 dengan konsep diri positif.
Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Sampel diambil
dari sebagian siswa kelas VII SMP Negeri 1 Sapuran yang selanjutnya disebut
subjek penelitian. Subjek penelitian diambil sebanyak sepuluh siswa, terdiri dari
lima siswa dengan konsep diri negatif dan lima siswa dengan konsep diri positif.
Pengambilan subjek menggunakan teknik purposive sampling yang bersifat
snowball sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah metode
angket, tes dan wawancara. Teknik analisis data dilakukan dengan reduksi,
penyajian dan penyimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa kesalahan matematika yang dilakukan
oleh siswa dengan konsep diri negatif meliputi (a) kesalahan fakta, (b) kesalahan
konsep, (c) kesalahan prinsip, (d) kesalahan penarikan kesimpulan dan (e) kesalahan
ceroboh. Kesalahan matematika yang dilakukan oleh siswa dengan konsep diri positif
meliputi (a) kesalahan fakta, (b) kesalahan prinsip, (c) kesalahan penarikan kesimpulan
dan (d) kesalahan acak. Dari hasil analisis tersebut juga terlihat bahwa siswa dengan
konsep diri negatif maupun konsep diri positif cenderung melakukan kesalahan yang
sama, yaitu kesalahan fakta, kesalahan prinsip dan kesalahan penarikan kesimpulan.