Repository-Universitas Muhammadiyah Purworejo

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS, KERJASAMA DAN PRESTASI BELAJAR PADA MATA DIKLAT TEKNIK DASAR SEPEDA MOTOR KELAS X TSM DI SMKN 8 PURWOREJO TAHUN 2015/2016

Show simple item record

dc.contributor.author Hamid, Nur
dc.date.accessioned 2018-02-08T07:36:57Z
dc.date.available 2018-02-08T07:36:57Z
dc.date.issued 2016
dc.identifier.uri http://repository.umpwr.ac.id:8080/handle/123456789/1733
dc.description.abstract Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui penerapan pembelajaran model STAD di SMKN 8 Purworejo; (2) mengetahui peningkatan aktivitas belajar pada pembelajaran gambar teknik kelas X TSM B di SMKN 8 Purworejo setelah diterapkan pembelajaran model STAD; (3) mengetahui peningkatan kerjasama belajar pada pembelajaran gambar teknik kelas X TSM B di SMKN 8 Purworejo setelah diterapkan pembelajaran model STAD; (4) mengetahui peningkatan prestasi belajar pada pembelajaran gambar teknik kelas X TSM B di SMKN 8 Purworejo setelah diterapkan pembelajaran model STAD. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari dua siklus. Alur penelitian ini terdiri dari Perencanaan-pelaksanaan-Pengamatan-Refleksi. Subyek penelitian kelas X TSM B SMKN 8 Purworejo Tahun Pelajaran 2015/2016 sebanyak 32 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan lembar observasi aktivitas siswa, lembar observasi kerjasama siswa dan tes pilihan ganda pada setiap siklus. Teknik analisi data yang digunakan dalam penelitian adalah deskriptif kuantitatif. Hasil dari penelitian menunjukan bahwa (1) penerapan metode STAD dapat meningkatkan aktivitas, kerjasama dan prestasi belajar siswa kelas X TSM B SMKN 8 Purworejo dalam kompetensi gambar teknik. (2) Aktivitas siswa meningkat dengan rata-rata pada observasi awal yaitu 52% hasil observasi pada siklus I menjadi 73% dan pada siklus II menjadi 88%, (3) kerjasama siswa meningkat dengan rata-rata pada observasi awal 51%, observasi pada siklus I menjadi 71% dan pada siklus II menjadi 85%. (4) Prestasi belajar siswa meningkat dengan rata-rata awal 70, setelah dilaksanakan siklus I meningkat menjadi 76 dengan prosentase pencapaian 53% dan pada siklus II menjadi 81 dengan prosentase pencapaian 84%. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa dengan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dapat meningkatkan aktivitas, kerjasama dan prestasi belajar pada pembelajaran kompetensi gambar teknik kelas X TSM B di SMKN 8 Purworejo. en_US
dc.publisher PTO-FKIP en_US
dc.subject Model pembelajaran kooperatif, STAD, aktivitas, kerjasama, prestasi belajar. en_US
dc.title PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS, KERJASAMA DAN PRESTASI BELAJAR PADA MATA DIKLAT TEKNIK DASAR SEPEDA MOTOR KELAS X TSM DI SMKN 8 PURWOREJO TAHUN 2015/2016 en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search Repository-UMP


Browse

My Account