Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektifitas pembelajaran dengan
metode ceramah dan metode kerja kelompok terhadap peningkatan pengetahuan
teknik listrik dasar otomotif pada siswa di SMKN 1 Purworejo tahun ajaran
2015/2016.
Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian eksperimen semu (Quasi
experiment) dengan menggunakan dua kelompok dengan perlakuan yang berbeda.
Variabel dependen yaitu pengetahuan siswa, variabel independen yaitu metode
pembelajaran (ceramah dan kerja kelompok). Populasi dalam penelitian ini adalah
peserta didik kelas X Teknik Kendaraan Ringan (TKR) SMK N 1 Purworejo
tahun ajaran 2015/2016. Sampel dalam penelitian ini adalah sampel populasi.
Kelas X TKR-A sebagai kelas yang menggunakan metode pembelajaran kerja
kelompok dan kelas X TKR-B sebagai kelas yang menggunakan metode
pembelajaran ceramah. Data penelitian dikumpulkan menggunakan soal pre-test
dan post-test. Analisis data menggunakan uji t-test.
Hasil perhitungan dengan uji t diperoleh nilai thitung = 3,19 sedangkan ttabel =
2,00. Karena thitung > ttabel yaitu 3,19 > 2,00, maka Ho ditolak dan Ha diterima.
Hasil dari post-test adalah terdapat perbedaan atau tidak sama. Dengan hasil akhir
rata-rata siswa, dimana Mean ± SD dengan pembelajaran metode kerja kelompok
adalah (82,80 ± 5,95) sedangkan Mean ± SD dengan metode pembelajaran
ceramah adalah (77,86 ± 6,00). Hal tersebut menunjukkan bahwa penggunaan
metode kerja kelompok lebih efektif dibandingkan dengan metode ceramah.