Repository-Universitas Muhammadiyah Purworejo

PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD DALAM MENINGKATKAN KERJASAMA DAN HASIL BELAJAR KOMPETENSI MENGGUNAKAN ALAT UKUR SISWA KELAS X TKR B SMK PATRIOT PITURUH TAHUN PELAJARAN 2015/2016

Show simple item record

dc.contributor.author Laksana, Binar Indra
dc.date.accessioned 2018-02-08T07:41:36Z
dc.date.available 2018-02-08T07:41:36Z
dc.date.issued 2016
dc.identifier.uri http://repository.umpwr.ac.id:8080/handle/123456789/1736
dc.description.abstract Penelitian ini bertujuan: (1) Untuk mengetahui bagaimana penerapan pembelajaran kooperatif tipe STAD dalam meningkatkan kerjasama dan hasil belajar pada kompetensi menggunakan Alat Ukur siswa kelas X TKR B SMK Patriot Pituruh, (2) Untuk mengetahui seberapa besar peningkatan kerjasama siswa kelas X TKR B SMK Patriot Pituruh dengan penerapan pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement Division (STAD), (3) Untuk mengetahui seberapa besar peningkatan hasil belajar siswa kelas X TKR B SMK Patriot Pituruh dengan pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement Division (STAD). Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Instrumen penelitian ini menggunakan lembar observasi dan soal tes berbentuk pilihan ganda pada tiap siklus. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas X TKR B SMK Patriot Pituruh tahun ajaran 2015/2016 yang berjumlah 37 siswa. Urutan kegiatan penelitian ini melalui 4 tahap meliputi ; (1) Perencanaan, (2) Pelaksanaan, (3) Pengamatan, (4) Refleksi. Hasil Penelitian menunjukan bahwa: (1) penerapan pembelajaran kooperatif tipe STAD di kelas X TKR B SMK Patriot Pituruh menjadikan siswa lebih bersemangat dan antusias dalam memperhatikan pemaparan karena diberi motivasi dan apersepsi yang mudah dipahami dan saat diskusi kelompok siswa lebih aktif dalam menyampaikan pendapat dan member tanggapan saat kelompok lain melakukan pemaparan. Selain itu juga lebih peduli dengan kelompoknya dan saling membantu, (2) tingkat kerjasama siswa meningkat dari 47,2% pada kondisi awal menjadi 72% pada siklus I dan 85% pada siklus II. (3) Presentase pencapaian hasil belajar siswa meningkat pada tiap siklusnya, kondisi awal nilai rata-rata yaitu 65 menjadi 74 pada siklus I dengan presentase pencapaian 54% dan pada siklus II nilai rata-rata menjadi 85 dengan presentase pencapaian 89%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa Penerapan Metode Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD dapat meningkatkan kerjasama dan hasil belajar siswa kelas X TKR B SMK Patriot Pituruh, terbukti dengan adanya peningkatan presentase pada tiap siklusnya. en_US
dc.publisher PTO-FKIP en_US
dc.subject Kerjasama, Hasil Belajar, Pembelajaran Kooperatif, Kompetensi Menggunakan Alat Ukur en_US
dc.title PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD DALAM MENINGKATKAN KERJASAMA DAN HASIL BELAJAR KOMPETENSI MENGGUNAKAN ALAT UKUR SISWA KELAS X TKR B SMK PATRIOT PITURUH TAHUN PELAJARAN 2015/2016 en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search Repository-UMP


Browse

My Account