Abstract:
Tujuan dalam penelitian ini adalah: (1) mendeskripsikan bagaimana langkahlangkah
pembelajaran membaca wacana berhuruf Jawa menggunakan model talking
stick pada siswa kelas VIII MTs Al Huda Rowokele Kabupaten Kebumen dan (2)
mendeskripsikan bagaimana peningkatan kemampuan membaca wacana berhuruf Jawa
menggunakan model talking stick pada siswa kelas VIII MTs Al Huda Rowokele
Kabupaten Kebumen.
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua
siklus. Tiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Subjek
dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII MTs Al Huda Rowokele Kabupaten
Kebumen. Objek penelitian ini adalah keterampilan membaca wacana berhuruf Jawa
pada siswa kelas VIII MTs Al Huda Rowokele Kabupaten Kebumen. Pengumpulan data
menggunakan teknik tes dan teknik nontes. Teknik tes berupa praktik membaca wacana
berhuruf Jawa, sedangkan teknik nontes berupa observasi, kuesioner dan dokumentasi.
Validitas yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan validitas isi expert
judgment. Reliabilitas dalam penelitian ini menggunakan reliabilitas antar rater dengan
tingkat kereliabilitasan mencapai 0,887 hasil tersebut tergolong tinggi. Teknik analisis
data berupa analisis deskripsi kualitatif untuk menganalisis data membaca wacana
berhuruf Jawa dengan model talking stick.
Hasil tes keterampilan membaca wacana berhuruf Jawa pada kegiatan prasiklus
menunjukkan rata-rata nilai kelas sebesar 58,21, pada siklus I nilai rata-rata kelas
mengalami peningkatan menjadi sebesar 71,79. Pada siklus II terjadi peningkatan
kembali nilai rata-rata kelas menjadi 80,54. Peningkatan prasklus sampai siklus I 13,58
dan peningkatan siklus I sampai siklus II 8,75. Pada kategori ketuntasan nilai pada
kegiatan prasiklus mencapai 28,57%, mengalami peningkatan ketuntasan menjadi
64,28% pada siklus I, kategori ketuntasan siswa pada siklus II kembali meningkat
menjadi 100%. Peningkatan prasiklus sampai siklus I 35,71% dari siklus I ke siklus II
35,72%. Hal tersebut menunjukkan bahwa melalui model talking stick dapat
meningkatkan kemampuan siswa dan hasil belajar dalam pembelajaran membaca
wacana berhuruf Jawa.