Repository-Universitas Muhammadiyah Purworejo

Upaya Peningkatan Keterampilan Membaca Wacana Berhuruf Jawa Pada Siswa Kelas VIII MTs Al Huda Rowokele Kabupaten Kebumen dengan Pembelajaran Kooperatif Model Talking Stick

Show simple item record

dc.contributor.author Isnaeni, Fitri
dc.date.accessioned 2018-02-08T07:58:00Z
dc.date.available 2018-02-08T07:58:00Z
dc.date.issued 2016
dc.identifier.uri http://repository.umpwr.ac.id:8080/handle/123456789/1742
dc.description.abstract Tujuan dalam penelitian ini adalah: (1) mendeskripsikan bagaimana langkahlangkah pembelajaran membaca wacana berhuruf Jawa menggunakan model talking stick pada siswa kelas VIII MTs Al Huda Rowokele Kabupaten Kebumen dan (2) mendeskripsikan bagaimana peningkatan kemampuan membaca wacana berhuruf Jawa menggunakan model talking stick pada siswa kelas VIII MTs Al Huda Rowokele Kabupaten Kebumen. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus. Tiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII MTs Al Huda Rowokele Kabupaten Kebumen. Objek penelitian ini adalah keterampilan membaca wacana berhuruf Jawa pada siswa kelas VIII MTs Al Huda Rowokele Kabupaten Kebumen. Pengumpulan data menggunakan teknik tes dan teknik nontes. Teknik tes berupa praktik membaca wacana berhuruf Jawa, sedangkan teknik nontes berupa observasi, kuesioner dan dokumentasi. Validitas yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan validitas isi expert judgment. Reliabilitas dalam penelitian ini menggunakan reliabilitas antar rater dengan tingkat kereliabilitasan mencapai 0,887 hasil tersebut tergolong tinggi. Teknik analisis data berupa analisis deskripsi kualitatif untuk menganalisis data membaca wacana berhuruf Jawa dengan model talking stick. Hasil tes keterampilan membaca wacana berhuruf Jawa pada kegiatan prasiklus menunjukkan rata-rata nilai kelas sebesar 58,21, pada siklus I nilai rata-rata kelas mengalami peningkatan menjadi sebesar 71,79. Pada siklus II terjadi peningkatan kembali nilai rata-rata kelas menjadi 80,54. Peningkatan prasklus sampai siklus I 13,58 dan peningkatan siklus I sampai siklus II 8,75. Pada kategori ketuntasan nilai pada kegiatan prasiklus mencapai 28,57%, mengalami peningkatan ketuntasan menjadi 64,28% pada siklus I, kategori ketuntasan siswa pada siklus II kembali meningkat menjadi 100%. Peningkatan prasiklus sampai siklus I 35,71% dari siklus I ke siklus II 35,72%. Hal tersebut menunjukkan bahwa melalui model talking stick dapat meningkatkan kemampuan siswa dan hasil belajar dalam pembelajaran membaca wacana berhuruf Jawa. en_US
dc.publisher PBSJ-FKIP en_US
dc.subject membaca wacana berhuruf Jawa, model talking stick en_US
dc.title Upaya Peningkatan Keterampilan Membaca Wacana Berhuruf Jawa Pada Siswa Kelas VIII MTs Al Huda Rowokele Kabupaten Kebumen dengan Pembelajaran Kooperatif Model Talking Stick en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search Repository-UMP


Browse

My Account