Abstract:
Tujuan penilitian ini adalah (1) Membuat produk pengembangan media
pembelajaran alat praga stand starter untuk diterapkan sebagai media pembelajaran
diagnosis kendaraan mahasiswa semester 6 pendidikan teknik otomotif Tahun
Pelajaran 2015/2016. (2) Untuk mengetahui tahapan membuat produk pengembangan
media pembelajaran alat praga stand starter untuk diterapkan sebagai media
pembelajaran diagnosis kendaraan mahasiswa semester 6 pendidikan teknik otomotif
Tahun Pelajaran 2015/2016. (3) Untuk mengetahui prosedur pelaksanaan
pembelajaran dengan media alat praga stand starter dalam pembelajaran diagnosis
kendaraan mahasiswa semester 6 pendidikan teknik otomotif Tahun Pelajaran
2015/2016. (4) Untuk mengetahui seberapa besar peningkatan motivasi dan hasil
belajar mahasiswa dengan menggunakan alat praga stand starter dalam pembelajaran
diagnosis kendaraan siswa semester 6 pendidikan teknik otomotif UMP tahun ajaran
2015/2016 Tahun Pelajaran 2015/2016.
Peneliti menggunakan pendekatan kuantitatif dan kualitatif dengan jenis
penelitian R&D. Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data antara lain:
Observasi, dan Tes. Analisis yang digunakan peneliti yaitu teknik deskriptif
kuantitatif. Urutan kegiatan penelitian mencakup 4 tahap meliputi: (1) Perencanaan,
(2) Pelaksanaan, (3) Pengamatan dan (4) Refleksi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) pengembangan media pembelajaran
stand sistem starter dapat dignukan dengan baik sebagai media pembelajaran
pembelajaran mata kuliah diagnosis kendaraan karena mahasiswa senang dang aktif
dalam mengikuti pembelajaran menggunakan madia pembelajaran stand sistem starter
(2) tahap pembuatan alat praga stand sistem starter pertama yaitu mendesain alat
praga. Kedua yaitu menyiapkan bahan-bahan dan komponen sistem starter. Ketiga
yaitu merakit dan merangkai alat praga sistem starter. Keempat yaitu mengujicobakan
alat praga. (3) pelaksanaan pembelajaran menggunakan alat praga diawali dengan
menyampaikan materi, kemudian dilanjutkan pembelajaran kepada mahasiswa secara
bergantian dengan menggunakan media alat praga stand sistem starter. (4) motivasi
belajar mahasiswa dalam menggikuti pelajaran mendapatkan peningkatan 90% dalam
pembelajaran menggunakan media pembelajaran stand sistem stater. Dari hasil
penelitian hasl belajar mahasiswa setelah mengunakan media pembelajaran sistem
starter mendapatkan peningkatan mahasiswa yang mendapatkan nilai 85-100 menjadi
lebih dari 30% dan sebelumnya diketahui tidak lebih dari 25%, sehingga dapat
disimpulkan bahwa media stand sistem starter dapat meningkatkan hasil belajar
mahasiswa semester 6 pendidikan teknik otomotif universitas muhammadiyah
purworejo tahun ajaran 2015/2016