Abstract:
Penelitian ini bertujuan: (1) Untuk mengembangkan media pembelajaran
Alat Peraga guna meningkatkan hasil belajar siswa pada sistem wiper washer di
SMK Ma’arif 2 Gombong, (2) Untuk mengetahui kelayakan media pembelajaran
Alat Peraga untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada sistem wiper washer di
SMK Ma’arif 2 Gombong, (3) Untuk mengetahui hasil belajar siswa setelah
menggunakan media pembelajaran Alat Peraga pada sistem wiper washer di
SMK Ma’arif 2 Gombong.
Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian pengembangan
(Research and Development (R n D)). Instrumen penelitian ini menggunakan
lembar penilaian media (angket) dan soal tes berbentuk pilihan ganda. Tehnik
analisis data pada penelitian ini adalah kuantitatif. Urutan kegiatan penelitian ini
meliputi pencarian potensi masalah, pengumpulan informasi, desain produk,
validasi desain, perbaikan desain, ujicoba produk, pengujian produk, ujicoba
pemakaian dan revisi produk.
Hasil Penelitian menunjukan bahwa: (1) Proses pembuatan media
pembelajaran system kelistrikan berupa stand dan berdasarkan analisis masalah
dan disesuaikan dengan kebutuhan sehingga diharapkan membentuk suatu media
yang siap pakai. Tahap pengembangan media pembelajaran sistem kelistrikan
pada siswa Kelas XI TKR SMK Ma’arif 2 gombong telah meliputi pencarian
potensi masalah, pengumpulan informasi, desain produk, validasi desain,
perbaikan desain, uji coba produk, pengujian produk, uji coba pemakaian dan
revisi produk. (2) Hasil validasi produk oleh ahli materi maupun ahli media, uji
coba kelompok kecil dan uji coba pemakaian produk menunjukkan produk layak
digunakan sebagai media pembelajaran, (3) Hasil uji pembeda membuktikan
bahwa media pembelajaran yang dibuat efektif untuk meningkatkan prestasi
belajar (thitung = 5,014 dan p=0,000) Media pembelajaran dapat digunakan dalam
pembelajaran sebagai media untuk meningkatkan hasil belajar karena dalam
ujicoba kelompok besar dengan jumlah siswa 40 orang dibuktikan memiliki ratarata
hasil belajar 82,56 lebih tinggi daripada rata-rata kelas kontrol 72,86.