Repository-Universitas Muhammadiyah Purworejo

PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN STAND ALAT PERAGA SISTEM WIPER WASHER GUNA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI TKR DI SMK MA’ARIF 2 GOMBONG TAHUN 2015/2016

Show simple item record

dc.contributor.author Atprivema, Pradipta Yafi
dc.date.accessioned 2018-02-08T08:05:29Z
dc.date.available 2018-02-08T08:05:29Z
dc.date.issued 2016
dc.identifier.uri http://repository.umpwr.ac.id:8080/handle/123456789/1748
dc.description.abstract Penelitian ini bertujuan: (1) Untuk mengembangkan media pembelajaran Alat Peraga guna meningkatkan hasil belajar siswa pada sistem wiper washer di SMK Ma’arif 2 Gombong, (2) Untuk mengetahui kelayakan media pembelajaran Alat Peraga untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada sistem wiper washer di SMK Ma’arif 2 Gombong, (3) Untuk mengetahui hasil belajar siswa setelah menggunakan media pembelajaran Alat Peraga pada sistem wiper washer di SMK Ma’arif 2 Gombong. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian pengembangan (Research and Development (R n D)). Instrumen penelitian ini menggunakan lembar penilaian media (angket) dan soal tes berbentuk pilihan ganda. Tehnik analisis data pada penelitian ini adalah kuantitatif. Urutan kegiatan penelitian ini meliputi pencarian potensi masalah, pengumpulan informasi, desain produk, validasi desain, perbaikan desain, ujicoba produk, pengujian produk, ujicoba pemakaian dan revisi produk. Hasil Penelitian menunjukan bahwa: (1) Proses pembuatan media pembelajaran system kelistrikan berupa stand dan berdasarkan analisis masalah dan disesuaikan dengan kebutuhan sehingga diharapkan membentuk suatu media yang siap pakai. Tahap pengembangan media pembelajaran sistem kelistrikan pada siswa Kelas XI TKR SMK Ma’arif 2 gombong telah meliputi pencarian potensi masalah, pengumpulan informasi, desain produk, validasi desain, perbaikan desain, uji coba produk, pengujian produk, uji coba pemakaian dan revisi produk. (2) Hasil validasi produk oleh ahli materi maupun ahli media, uji coba kelompok kecil dan uji coba pemakaian produk menunjukkan produk layak digunakan sebagai media pembelajaran, (3) Hasil uji pembeda membuktikan bahwa media pembelajaran yang dibuat efektif untuk meningkatkan prestasi belajar (thitung = 5,014 dan p=0,000) Media pembelajaran dapat digunakan dalam pembelajaran sebagai media untuk meningkatkan hasil belajar karena dalam ujicoba kelompok besar dengan jumlah siswa 40 orang dibuktikan memiliki ratarata hasil belajar 82,56 lebih tinggi daripada rata-rata kelas kontrol 72,86. en_US
dc.publisher PTO-FKIP en_US
dc.subject Hasil Belajar, Pengembangan Media, Stand Alat Peraga, Wiper washer en_US
dc.title PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN STAND ALAT PERAGA SISTEM WIPER WASHER GUNA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI TKR DI SMK MA’ARIF 2 GOMBONG TAHUN 2015/2016 en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search Repository-UMP


Browse

My Account