Repository-Universitas Muhammadiyah Purworejo

PENGEMBANGAN PEMBELAJARANMENGGUNAKAN MEDIA BLOG UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA SMK NEGERI 1 PURWOREJO

Show simple item record

dc.contributor.author Rahmandhani, Robby
dc.date.accessioned 2018-02-08T08:09:14Z
dc.date.available 2018-02-08T08:09:14Z
dc.date.issued 2016
dc.identifier.uri http://repository.umpwr.ac.id:8080/handle/123456789/1750
dc.description.abstract Tujuan penelitian ini adalah mengembangkan media pembelajaran menggunakan media blog uuntuk meningkatkan minat belajar siswa smk negeri 1 Purworejo, (1) Untuk mengetahui proses mengembangkan media pembelajaran teknik listrik dasar otomotif dengan menggunakan media pembelajaran blog, (2) Untuk mengetahui ada dan tidaknya perbedaan minat belajar siswa kelas X dengan menggunakan blog sebagai media pembelajaran pada teknik listrik dasar otomotif pada siswa di SMK N 1 Purworejo, (3) Untuk mengetahui efektifitas pembelajaran dengan media blog terhadap peningkatan pengetahuan teknik listrik dasar otomotif meningkatkan minat belajar siswa. Jenis penelitian yang digunakan ialah R&D (Researd and Development). Sebagai subyek penelitian adalah siswa kelas X TKR SMK N 1 Purworejo tahun pelajaran 2015/ 2016, yang berjumlah 64 orang. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode angket. Setelah data diperoleh kemudian dianalisis menggunakan teknik deskripsi persentase. Hasil penelitian dapat disimpulkan sebagai berikut prosedur pembuatan media pembelajaran blog adalah (1) Menetapkan mata pelajaran yang akan dikembangkan, (2) Melakukan penelitian pendahuluan, (3) Pengembangan materi, (4) Rancangan media pembelajaran, (5) Mengembangkan bentuk produk, (6) Validasi oleh ahli media dan ahli materi, (7) Analisis (8) Uji coba kelompok kecil (10) Analisis hasil uji coba kelompok kecil (11) Uji coba kelompok besar, dan Analisis hasil uji coba kelompok besar (12) Produk akhir. bahwa dengan memanfaatkan media pembelajaran dalam pembelajaran TLDO dapat meningkatkan minat belajar siswa kelas X TKR SMKN 1 Purworejo. Hal ini terlihat dari hasil angket minat belajar siswa kontrol sebesar 69.57% dengan menggunakan pembelajaran model konvesional dan kelas eksperimen sebesar 72,85% setelah menggunakan pembelajaran dengan Media blog. produk akhir menunjukkan bahwa multimedia pembelajaran yang dikembangkan oleh peneliti efektif untuk digunakan dalam proses pembelajaran bagi siswa dan dapat digunakan sebagai bahan ajar bagi guru untuk meningkatkan minat serta hasil belajar siswa. en_US
dc.publisher PTO-FKIP en_US
dc.subject Pengembangan, media blog, minat belajar. en_US
dc.title PENGEMBANGAN PEMBELAJARANMENGGUNAKAN MEDIA BLOG UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA SMK NEGERI 1 PURWOREJO en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search Repository-UMP


Browse

My Account