Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mendeskripsikan kemampuan komunikasi
matematis tertulis siswa SMA Negeri 5 Purworejo kelas X MIA 2 yang memiliki
gaya kognitif Field Dependence (FD); (2) mendeskripsikan kemampuan komunikasi
matematis tertulis siswa SMA Negeri 5 Purworejo kelas X MIA 2 yang memiliki
gaya kognitif Field Independence (FI).
Penelitian ini adalah penelitian fenomenologi. Subjek dalam penelitian ini
adalah siswa kelas X MIA 2 SMA Negeri 5 Purworejo pada tahun ajaran 2016/2017.
Teknik pemilihan subjek penelitian yang digunkan adalah purposive sampling yang
bersifat snowball sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan tes tertulis, tes
GEFT, wawancara, dokumentasi dan catatan lapangan. Teknik pemeriksaan
keabsahan data menggunakan triangulasi teknik.
Berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa: (1) Siswa dengan
gaya kognitif field dependence kemampuan komunikasi matematis tertulisnya
menempati level 2 yaitu pada kategori cukup baik. Dimana subjek dengan gaya
kognitif field dependence kurang mampu dalam mengekspresikan ide-ide matematis
kedalam bentuk grafik, kurang mampu dalam mengidentifikasi ide-ide awal
matematis secara tulisan dengan bahasa sendiri. Serta kurang mampu dalam
menggunakan bahasa matematika dalam mengekspresikan ide matematikanya karena
masih ada kesalahan dan kurang cermat dalam penulisan simbol matematis. Akan
tetapi subjek dengan gaya kognitif field dependence mampu menginterpretasikan dan
menguraikan ide-ide matematis secara benar dalam bentuk tulisan dalam
menyelesaikan soal. Walaupun cara yang digunakannya masih terkesan menghafal,
kurang lengkap dan juga kurang sistematis; (2) Siswa dengan gaya kognitif field
independence kemampuan komunikasi matematis tertulisnya berada pada level 3
yaitu pada kategori baik. Dimana subjek dengan gaya kognitif field independence
mampu dalam mengekspresikan ide-ide matematis kedalam bentuk grafik dengan
cermat dan benar, walaupun masih kurang lengkap. Mampu dalam mengidentifikasi
ide-ide awal matematis dengan bahasa sendiri dengan baik dan mudah dipahami,
mampu menginterpretasikan dan menguraikan ide-ide matematis secara benar dalam
bentuk tulisan dalam menyelesaikan soal, walaupun cara yang digunakan dengan
cara singkat. Serta mampu dalam menuliskan simbol-simbol dan notasi matematika
untuk menyajikan ide-ide matematis dengan cermat, benar dan sesuai kaidah yang
berlaku.