Repository-Universitas Muhammadiyah Purworejo

ANALISIS NILAI MORAL NOVEL LELAKI YANG MENGGENGGAM AYAT-AYAT TUHAN KARYA TAUFIQURRAHMAN AL-AZIZY DAN RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARANNYA DI KELAS XI SMA

Show simple item record

dc.contributor.author Herman
dc.date.accessioned 2018-02-08T08:22:50Z
dc.date.available 2018-02-08T08:22:50Z
dc.date.issued 2016
dc.identifier.uri http://repository.umpwr.ac.id:8080/handle/123456789/1759
dc.description.abstract Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: (1) unsur intrinsik, (2) nilai moral dalam novel Lelaki yang Menggenggam Ayat-ayat Tuhan karya Taufiqurrahman Al-Azizy, dan (3) rencana pelaksanaan pembelajarannya pada novel Lelaki yang Menggenggam Ayat-ayat Tuhan karya Taufiqurrahman Al-Azizy kelas XI SMA. Fokus penelitian ini adalah analisis nilai moral dalam novel Lelaki yang Menggenggam Ayat-ayat Tuhan karya Taufiqurrahman Al-Azizy dan rencana pelaksanaan pembelajarannya di Kelas XI SMA. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi, teknik pustaka, dan teknik catat. Analisis data dilakukan dengan teknik analisis isi. Hasil analisis data disajikan dengan teknik informal. Dari hasil penelitian disimpulkan bahwa (1) unsur intrinsik novel Lelaki yang Menggenggam Ayat-ayat Tuhan karya Taufiqurrahman Al-Azizy meliputi: (a) tema: perjuangan seorang laki-laki dalam mempertahankan keyakinannya dan akidahnya tentang agama Islam, (b) tokoh dan penokohan terdiri dari: tokoh utama: Taa atau lelaki (tampan, cerdas, dan berwawasan luas), tokoh tambahan: Neyla (baik dan keras kepala) , Dalail (penyayang dan rajin beribadah), Hasta (sahabat yang baik), Putri (pembohong), Supardi (yatim piatu, baik), Handoyo (baik dan bijaksana), Ustadz Jamil (santun dan taat beribadah), Ustadz Abu (pembongkar rahasia Taa), dan Ibu (penyayang dan sederhana), (c) alur: alur maju, (d) latar tempat: di air terjun, di atas bukit, di rumah Neyla, Puskesmas, dan di masjid, latar waktu meliputi: tanggal 7, pagi, siang, sore, malam Rabu, dan bulan April, latar sosial: petani, peternak, penceramah, (e) amanat: Kesabaran adalah permata hati yang tidak ternilai harganya, untuk itu kita harus senantiasa bersabar dalam segala hal; (2) nilai moral dalam novel meliputi: (a) taat, (b) bersyukur, (c) dermawan, (d) tolong menolong, (e) suka memberi nasihat, (f) menghargai waktu, (g) sabar, (h) tanggungjawab, (i) tidak putus asa, dan (j) memuji keindahan alam; (3) langkahlangkah pembelajarannya sebagai berikut: (a) guru mengulas materi terkait dengan unsur intrinsik dan moral, (b) guru memberi tugas kepada siswa dengan membaca novel Lelaki yang Menggenggam Ayat-ayat Tuhan, (c) guru membagi peserta didik menjadi beberapa kelompok untuk menganalisis unsur intrinsik dan nilai moral yang terdapat dalam novel Lelaki yang Menggenggam Ayat-ayat Tuhan karya Taufiqurrahman Al-Azizy, (d) guru memberi tugas kepada perwakilan setiap kelompok untuk mempresentasikan hasil analisisnya, (e) guru memberikan kesempatan kepada peserta didik lainnya untuk bertanya setelah kegiatan presentasi selesai, (f) guru mengomentari hasil presentasi yang telah dilakukan, (g) guru memberikan tugas kepada kelompok untuk memperbaiki pekerjaannya berdasarkan hasil diskusi yang telah dilakukan bersama-sama untuk kemudian disimpulkan, dan (h) guru memberikan tugas yang berupa arahan kepada peserta didik untuk menunjukkan nilai moral dalam kehidupan sehari-hari. en_US
dc.publisher PBSI-FKIP en_US
dc.subject nilai moral, novel, rencana pelaksanaan pembelajaran en_US
dc.title ANALISIS NILAI MORAL NOVEL LELAKI YANG MENGGENGGAM AYAT-AYAT TUHAN KARYA TAUFIQURRAHMAN AL-AZIZY DAN RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARANNYA DI KELAS XI SMA en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search Repository-UMP


Browse

My Account