dc.description.abstract |
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: (1) unsur intrinsik, (2) nilai
moral dalam novel Lelaki yang Menggenggam Ayat-ayat Tuhan karya
Taufiqurrahman Al-Azizy, dan (3) rencana pelaksanaan pembelajarannya pada
novel Lelaki yang Menggenggam Ayat-ayat Tuhan karya Taufiqurrahman Al-Azizy
kelas XI SMA.
Fokus penelitian ini adalah analisis nilai moral dalam novel Lelaki yang
Menggenggam Ayat-ayat Tuhan karya Taufiqurrahman Al-Azizy dan rencana
pelaksanaan pembelajarannya di Kelas XI SMA. Pengumpulan data dilakukan
dengan teknik observasi, teknik pustaka, dan teknik catat. Analisis data dilakukan
dengan teknik analisis isi. Hasil analisis data disajikan dengan teknik informal.
Dari hasil penelitian disimpulkan bahwa (1) unsur intrinsik novel Lelaki
yang Menggenggam Ayat-ayat Tuhan karya Taufiqurrahman Al-Azizy meliputi: (a)
tema: perjuangan seorang laki-laki dalam mempertahankan keyakinannya dan
akidahnya tentang agama Islam, (b) tokoh dan penokohan terdiri dari: tokoh
utama: Taa atau lelaki (tampan, cerdas, dan berwawasan luas), tokoh tambahan:
Neyla (baik dan keras kepala) , Dalail (penyayang dan rajin beribadah), Hasta
(sahabat yang baik), Putri (pembohong), Supardi (yatim piatu, baik), Handoyo (baik
dan bijaksana), Ustadz Jamil (santun dan taat beribadah), Ustadz Abu (pembongkar
rahasia Taa), dan Ibu (penyayang dan sederhana), (c) alur: alur maju, (d) latar tempat:
di air terjun, di atas bukit, di rumah Neyla, Puskesmas, dan di masjid, latar waktu
meliputi: tanggal 7, pagi, siang, sore, malam Rabu, dan bulan April, latar sosial:
petani, peternak, penceramah, (e) amanat: Kesabaran adalah permata hati yang tidak
ternilai harganya, untuk itu kita harus senantiasa bersabar dalam segala hal; (2)
nilai moral dalam novel meliputi: (a) taat, (b) bersyukur, (c) dermawan, (d) tolong
menolong, (e) suka memberi nasihat, (f) menghargai waktu, (g) sabar, (h)
tanggungjawab, (i) tidak putus asa, dan (j) memuji keindahan alam; (3) langkahlangkah
pembelajarannya sebagai berikut: (a) guru mengulas materi terkait dengan
unsur intrinsik dan moral, (b) guru memberi tugas kepada siswa dengan membaca
novel Lelaki yang Menggenggam Ayat-ayat Tuhan, (c) guru membagi peserta didik
menjadi beberapa kelompok untuk menganalisis unsur intrinsik dan nilai moral yang
terdapat dalam novel Lelaki yang Menggenggam Ayat-ayat Tuhan karya
Taufiqurrahman Al-Azizy, (d) guru memberi tugas kepada perwakilan setiap
kelompok untuk mempresentasikan hasil analisisnya, (e) guru memberikan
kesempatan kepada peserta didik lainnya untuk bertanya setelah kegiatan presentasi
selesai, (f) guru mengomentari hasil presentasi yang telah dilakukan, (g) guru
memberikan tugas kepada kelompok untuk memperbaiki pekerjaannya berdasarkan
hasil diskusi yang telah dilakukan bersama-sama untuk kemudian disimpulkan, dan
(h) guru memberikan tugas yang berupa arahan kepada peserta didik untuk
menunjukkan nilai moral dalam kehidupan sehari-hari. |
en_US |