dc.description.abstract |
Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan (1) unsur intrinsik, (2) relevansi
kiprah wanita dengan nilai pendidikan karakter, dan (3) rencana pembelajaran
pendidikan karakter dalam film Kehormatan di Balik Kerudung karya Tya
Subiakto Satrio di kelas XI SMA.
Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif. Fokus penelitian ini adalah
relevansi kiprah wanita dengan nilai pendidikan karakter dalam film Kehormatan
di Balik Kerudung dan perencanaan pembelajarannya di Kelas XI SMA.
Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, teknik pustaka, dan teknik catat.
Analisis data dilakukan dengan teknik analisis isi. Hasil analisis data disajikan
dengan teknik informal.
Hasil penelitian disimpulkan bahwa (1) unsur intrinsik film Kehormatan di
Balik Kerudung karya Tya Subiakto Satrio: (a) tema: pengorbanan, (b) tokoh dan
penokohan, yaitu tokoh sentral protagonis: Ifan (rajin beribadah, baik hati, dan
santun), Syahdu (religius, baik, dan berhati keras), dan Sofia (sopan, religius, dan rela
berkorban); antagonis: Nazmi (kasar dan mudah marah); wirawan/wirawati: kakek
(berwibawa) dan nenek (baik hati dan patuh); tokoh bawahan: Ibu (penyayang), Ratih
(patuh), dan Andi (humoris), (c) alur: maju, (d) latar terdiri atas latar tempat: stasiun,
Pekalongan, rumah sakit, dan Masjid; latar waktu: siang dan malam; latar sosial:
wartawan, (e) amanat: sebagai makhluk ciptaan Tuhan harus senantiasa ikhlas
menghadapi cobaan karena di balik cobaan tersebut Tuhan telah menyiapkan rencana
yang lebih baik untuk umatnya; (2) relevansi kiprah wanita dengan nilai pendidikan
karakter meliputi: (a) rajin beribadah relevan dengan religius, (b) mudah bergaul
relevan dengan bersahabat, (c) menjalankan tugas ibu rumah tangga dengan baik
relevan dengan tanggung jawab, (d) tidak bergantung kepada suami relevan dengan
mandiri, (e) menghargai sikap orang lain relevan dengan toleransi, (f) melaksanakan
sholat tepat waktu relevan dengan disiplin, (g) gigih dalam mengatasi hambatan
relevan dengan kerja keras, (h) berani berterus terang terhadap hal buruk yang
dilakukan relevan dengan jujur; (3) rencana pembelajaran sebagai berikut: (a) guru
mengulas materi terkait dengan unsur intrinsik dan nilai pendidikan karakter, (b) guru
memberi tugas kepada siswa dengan menonton film tersebut, (c) guru membagi
peserta didik menjadi beberapa kelompok untuk menganalisis unsur intrinsik dan
nilai pendidikan karakter, (d) guru memberi tugas kepada perwakilan setiap
kelompok untuk mempresentasikan hasil analisisnya, (e) guru memberikan
kesempatan kepada peserta didik lainnya untuk bertanya setelah kegiatan presentasi
selesai, (f) guru mengomentari hasil presentasi, (g) guru memberikan tugas kepada
kelompok untuk memperbaiki pekerjaannya, dan (h) guru memberikan tugas yang
berupa arahan kepada peserta |
en_US |