Repository-Universitas Muhammadiyah Purworejo

RELEVANSI KIPRAH WANITA DALAM FILM KEHORMATAN DI BALIK KERUDUNG KARYA TYA SUBIAKTO SATRIO DENGAN NILAI PENDIDIKAN KARAKTER DAN PERENCANAAN PEMBELAJARANNYA DI SMA KELAS XI

Show simple item record

dc.contributor.author Khoirudin, Muh
dc.date.accessioned 2018-02-08T08:26:52Z
dc.date.available 2018-02-08T08:26:52Z
dc.date.issued 2016
dc.identifier.uri http://repository.umpwr.ac.id:8080/handle/123456789/1763
dc.description.abstract Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan (1) unsur intrinsik, (2) relevansi kiprah wanita dengan nilai pendidikan karakter, dan (3) rencana pembelajaran pendidikan karakter dalam film Kehormatan di Balik Kerudung karya Tya Subiakto Satrio di kelas XI SMA. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif. Fokus penelitian ini adalah relevansi kiprah wanita dengan nilai pendidikan karakter dalam film Kehormatan di Balik Kerudung dan perencanaan pembelajarannya di Kelas XI SMA. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, teknik pustaka, dan teknik catat. Analisis data dilakukan dengan teknik analisis isi. Hasil analisis data disajikan dengan teknik informal. Hasil penelitian disimpulkan bahwa (1) unsur intrinsik film Kehormatan di Balik Kerudung karya Tya Subiakto Satrio: (a) tema: pengorbanan, (b) tokoh dan penokohan, yaitu tokoh sentral protagonis: Ifan (rajin beribadah, baik hati, dan santun), Syahdu (religius, baik, dan berhati keras), dan Sofia (sopan, religius, dan rela berkorban); antagonis: Nazmi (kasar dan mudah marah); wirawan/wirawati: kakek (berwibawa) dan nenek (baik hati dan patuh); tokoh bawahan: Ibu (penyayang), Ratih (patuh), dan Andi (humoris), (c) alur: maju, (d) latar terdiri atas latar tempat: stasiun, Pekalongan, rumah sakit, dan Masjid; latar waktu: siang dan malam; latar sosial: wartawan, (e) amanat: sebagai makhluk ciptaan Tuhan harus senantiasa ikhlas menghadapi cobaan karena di balik cobaan tersebut Tuhan telah menyiapkan rencana yang lebih baik untuk umatnya; (2) relevansi kiprah wanita dengan nilai pendidikan karakter meliputi: (a) rajin beribadah relevan dengan religius, (b) mudah bergaul relevan dengan bersahabat, (c) menjalankan tugas ibu rumah tangga dengan baik relevan dengan tanggung jawab, (d) tidak bergantung kepada suami relevan dengan mandiri, (e) menghargai sikap orang lain relevan dengan toleransi, (f) melaksanakan sholat tepat waktu relevan dengan disiplin, (g) gigih dalam mengatasi hambatan relevan dengan kerja keras, (h) berani berterus terang terhadap hal buruk yang dilakukan relevan dengan jujur; (3) rencana pembelajaran sebagai berikut: (a) guru mengulas materi terkait dengan unsur intrinsik dan nilai pendidikan karakter, (b) guru memberi tugas kepada siswa dengan menonton film tersebut, (c) guru membagi peserta didik menjadi beberapa kelompok untuk menganalisis unsur intrinsik dan nilai pendidikan karakter, (d) guru memberi tugas kepada perwakilan setiap kelompok untuk mempresentasikan hasil analisisnya, (e) guru memberikan kesempatan kepada peserta didik lainnya untuk bertanya setelah kegiatan presentasi selesai, (f) guru mengomentari hasil presentasi, (g) guru memberikan tugas kepada kelompok untuk memperbaiki pekerjaannya, dan (h) guru memberikan tugas yang berupa arahan kepada peserta en_US
dc.publisher PBSI-FKIP en_US
dc.subject Kiprah Wanita, Nilai Pendidikan Karakter, dan Rencana Pembelajaran en_US
dc.title RELEVANSI KIPRAH WANITA DALAM FILM KEHORMATAN DI BALIK KERUDUNG KARYA TYA SUBIAKTO SATRIO DENGAN NILAI PENDIDIKAN KARAKTER DAN PERENCANAAN PEMBELAJARANNYA DI SMA KELAS XI en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search Repository-UMP


Browse

My Account