Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh
yang positif dan signifikan: (1) gaya belajar terhadap kemampuan numerik; (2)
kesiapan belajar terhadap kemampuan numerik; (3) gaya belajar dan kesiapan
belajar terhadap kemampuan numerik; (4) gaya belajar terhadap prestasi belajar
matematika; (5) kesiapan belajar terhadap prestasi belajar matematika; (6)
kemampuan numerik terhadap prestasi belajar matematika. Populasi penelitian ini
adalah siswa kelas VII SMP Negeri se-Kecamatan Sruweng sebanyak 436 siswa
dengan sampel 195 siswa. Pengambilan sampel dengan teknik Propotionate
Stratified Random Sampling. Instrumen penelitian menggunakan angket dan tes.
Teknik pengolahan data meng-gunakan analisis korelasi dan regresi.
Hasil penelitian yang diperoleh pada = 5 % adalah: (1) ada pengaruh yang
positif namun tidak signifikan antara gaya belajar terhadap kemampuan numerik
dimana 𝑟𝑥1𝑥3= 0,106 dan thitung = 1,481 (2) ada pengaruh yang positif dan signifikan
antara kesiapan belajar terhadap kemampuan numerik dimana 𝑟𝑥2𝑥3 = 0,289 dan
thitung = 4,195 (3) ada pengaruh yang positif dan signifikan antara gaya belajar dan
kesiapan belajar terhadap kemampuan numerik dimana 𝑟𝑥3.𝑥1𝑥2 = 0,269 dan Fhitung
= 7,489 (4) ada pengaruh yang positif dan signifikan antara gaya belajar terhadap
prestasi belajar matematika dimana 𝑟𝑥1𝑦 = 0,384 dan thitung = 5,690 (5) ada pengaruh
yang positif dan signifikan antara kesiapan belajar terhadap prestasi belajar matematika
dimana 𝑟𝑥2𝑦 = 0,432 dan thitung = 6,655 (6) ada pengaruh yang positif dan signifikan
antara kemampuan numerik terhadap prestasi belajar matematika dimana
𝑟𝑥3𝑦 = 0,408 dan thitung = 6,208.