Repository-Universitas Muhammadiyah Purworejo

Pengaruh Gaya Belajar, Kesiapan Belajar, dan Kemampuan Numerik Terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa Kelas VII SMP Negeri se-Kecamatan Sruweng Tahun Pelajaran 2016/2017

Show simple item record

dc.contributor.author Wardani, Rizqia
dc.date.accessioned 2018-02-08T08:26:56Z
dc.date.available 2018-02-08T08:26:56Z
dc.date.issued 2017
dc.identifier.uri http://repository.umpwr.ac.id:8080/handle/123456789/1764
dc.description.abstract Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh yang positif dan signifikan: (1) gaya belajar terhadap kemampuan numerik; (2) kesiapan belajar terhadap kemampuan numerik; (3) gaya belajar dan kesiapan belajar terhadap kemampuan numerik; (4) gaya belajar terhadap prestasi belajar matematika; (5) kesiapan belajar terhadap prestasi belajar matematika; (6) kemampuan numerik terhadap prestasi belajar matematika. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Negeri se-Kecamatan Sruweng sebanyak 436 siswa dengan sampel 195 siswa. Pengambilan sampel dengan teknik Propotionate Stratified Random Sampling. Instrumen penelitian menggunakan angket dan tes. Teknik pengolahan data meng-gunakan analisis korelasi dan regresi. Hasil penelitian yang diperoleh pada  = 5 % adalah: (1) ada pengaruh yang positif namun tidak signifikan antara gaya belajar terhadap kemampuan numerik dimana 𝑟𝑥1𝑥3= 0,106 dan thitung = 1,481 (2) ada pengaruh yang positif dan signifikan antara kesiapan belajar terhadap kemampuan numerik dimana 𝑟𝑥2𝑥3 = 0,289 dan thitung = 4,195 (3) ada pengaruh yang positif dan signifikan antara gaya belajar dan kesiapan belajar terhadap kemampuan numerik dimana 𝑟𝑥3.𝑥1𝑥2 = 0,269 dan Fhitung = 7,489 (4) ada pengaruh yang positif dan signifikan antara gaya belajar terhadap prestasi belajar matematika dimana 𝑟𝑥1𝑦 = 0,384 dan thitung = 5,690 (5) ada pengaruh yang positif dan signifikan antara kesiapan belajar terhadap prestasi belajar matematika dimana 𝑟𝑥2𝑦 = 0,432 dan thitung = 6,655 (6) ada pengaruh yang positif dan signifikan antara kemampuan numerik terhadap prestasi belajar matematika dimana 𝑟𝑥3𝑦 = 0,408 dan thitung = 6,208. en_US
dc.publisher Pendidikan Matematika - FKIP en_US
dc.subject Gaya Belajar, Kesiapan Belajar, Kemampuan Numerik, dan Prestasi Belajar Matematika en_US
dc.title Pengaruh Gaya Belajar, Kesiapan Belajar, dan Kemampuan Numerik Terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa Kelas VII SMP Negeri se-Kecamatan Sruweng Tahun Pelajaran 2016/2017 en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search Repository-UMP


Browse

My Account