Abstract:
Tujuan dari penelitian untuk mengetahui: (1) apakah kemandirian dan
kepercayaan diri siswa dalam belajar matematika menggunakan model
pembelajaran Index Card Match pada siswa kelas VII SMP Negeri 12 Purworejo
Tahun Pelajaran 2016/2017 lebih baik dari pada model konvensional. (2) apakah
model pembelajaran Index Card Match pada siswa kelas VII SMP Negeri 12
Purworejo lebih efektif dari pada menggunakan model konvensional. Teknik
pengambilan sampel dilakukan secara simple random sampling dan diambil satu
kelas eksperimen dan satu kelas kontrol. Instrumen pengumpulan data dalam
penelitian ini adalah dokumentasi, angket, dan observasi. Uji prasyarat analisis
menggunakan metode Lilifors untuk uji normalitas, metode Barllet untuk uji
homogenitas, dan uji keseimbangan dengan menggunakan uji-t. Dari hasil analisis
data dengan uji multivariat yang dilanjutkan dengan uji univariat diperoleh (1)
kemandirian dan kepercayaan diri siswa dalam belajar matematika menggunakan
model pembelajaran Index Card Match lebih baik dari pada model konvensional.
(2) model pembelajaran Index Card Match efektif digunakan pada siswa kelas VII
SMP Negeri 12 Purworejo.