Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan, (1) unsur intrinsik dalam
novel Cinta Suci Zahrana Habiburrahman El Shirazy. (2) aspek sosiologi dalam
novel Cinta Suci Zahrana Habiburrahman El Shirazy. (3) skenario
pembelajarandi SMA.
Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Fokus penelitian ini
adalah Analisis Sosiologi Sastra pada Novel Cinta Suci Zahrana karya
Habiburrahman El Shirazy dan Skenario Pembelajaran di SMA. Data yang
digunakan adalah narasi dan percakapan. Teknik pengumpulan data dalam
penelitian ini adalah studi pustaka dan observasi. Teknik validitas yang digunakan
untuk memeriksa data adalah triangulasi. Istrumen penelitian ini adalah penulis
sendiri sebagai peneliti, kartu data, dan alat tulis. Analisis data dilakukan dengan
metode analisis isi. dalam penyajian hasil analisis digunakan teknik penyajian
informal.
Dari hasil penelitian disimpulkan bahwaunsur intrinsikCinta Suci Zahrana
Karya Habiburrahman El Shirazy yang meliputi:(a) tema kegigihan seorang gadis
dalam menempuh pendidikan dan penantian pendamping hidup yang hebat,(b)
Tokoh dan penokohan, meliputi: tokoh utama dan tokoh tambahan; tokoh utama
adalah Dewi Zahrana berwatak sabar dan pantang menyerah, tokoh tambahan
antara lain: Pak Munajat, Bu Nuriyah, Lina, Hasan, Pak Sukarman, dan Bu
Merlin,(c) alur yang terdapat dalam novel ini adalah alur maju, (d) latar tempat:
rumah Zahrana di desa Klipang, Mushala, perumahan Tlogosari Semarang, kantor
pusat Tsinghua University, pelataran masjid Agung Jawa Tengah, Xuanwu
Beijing, Bandara Internasional, Adi Sumarmo Solo, dan Tsinghua University di
China; latar waktu: pukul 23.25, waktu isya, malam hari, pagi hari, dan sore hari,
latar sosial: keadaan sosial kelurga Zahrana yang sederhana. Aspek-aspek
sosiologi sastra novel Cinta Suci Zahrana Karya Habiburrahman El Shirazy
digolongkan menjadi lima meliputi: kekerabatan, cinta kasih terhadap keluarga,
sahabat, dan lawan jenis yang terjalin dengan baik.Moral meliputi: dermawan,
tolong menolong, setia kawan, suka memberi nasihat, pendidikan. Rencana
pelaksanaan pembelajaran novel Cinta Suci Zahrana Karya Habiburrahman El
Shirazy di SMA, digunakan model PAIKEM novel Cinta Suci Zahrana Karya
Habiburrahman El Shirazy karena ceritanya dapat memberikan pesan-pesan
positif bagi peserta didik. Keterampilan bersastra Indonesia dalam kurikulum
tingkat satuan pendidikan (KTSP) yang berkaitan dengan kopetensi dasar yaitu
7.2 menganalisis unsur-unsur intrinsik dan ekstrinsik novel Indonesia atau
terjemahan.