Repository-Universitas Muhammadiyah Purworejo

ANALISIS SOSIOLOGI SASTRA NOVEL CINTA SUCI ZAHRANA KARYA HABIBURRAHMAN EL SHIRAZY DAN SKENARIO PEMBELAJARANNYA DI SMA

Show simple item record

dc.contributor.author Budiyanto
dc.date.accessioned 2018-02-08T08:34:08Z
dc.date.available 2018-02-08T08:34:08Z
dc.date.issued 2016
dc.identifier.uri http://repository.umpwr.ac.id:8080/handle/123456789/1771
dc.description.abstract Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan, (1) unsur intrinsik dalam novel Cinta Suci Zahrana Habiburrahman El Shirazy. (2) aspek sosiologi dalam novel Cinta Suci Zahrana Habiburrahman El Shirazy. (3) skenario pembelajarandi SMA. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Fokus penelitian ini adalah Analisis Sosiologi Sastra pada Novel Cinta Suci Zahrana karya Habiburrahman El Shirazy dan Skenario Pembelajaran di SMA. Data yang digunakan adalah narasi dan percakapan. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah studi pustaka dan observasi. Teknik validitas yang digunakan untuk memeriksa data adalah triangulasi. Istrumen penelitian ini adalah penulis sendiri sebagai peneliti, kartu data, dan alat tulis. Analisis data dilakukan dengan metode analisis isi. dalam penyajian hasil analisis digunakan teknik penyajian informal. Dari hasil penelitian disimpulkan bahwaunsur intrinsikCinta Suci Zahrana Karya Habiburrahman El Shirazy yang meliputi:(a) tema kegigihan seorang gadis dalam menempuh pendidikan dan penantian pendamping hidup yang hebat,(b) Tokoh dan penokohan, meliputi: tokoh utama dan tokoh tambahan; tokoh utama adalah Dewi Zahrana berwatak sabar dan pantang menyerah, tokoh tambahan antara lain: Pak Munajat, Bu Nuriyah, Lina, Hasan, Pak Sukarman, dan Bu Merlin,(c) alur yang terdapat dalam novel ini adalah alur maju, (d) latar tempat: rumah Zahrana di desa Klipang, Mushala, perumahan Tlogosari Semarang, kantor pusat Tsinghua University, pelataran masjid Agung Jawa Tengah, Xuanwu Beijing, Bandara Internasional, Adi Sumarmo Solo, dan Tsinghua University di China; latar waktu: pukul 23.25, waktu isya, malam hari, pagi hari, dan sore hari, latar sosial: keadaan sosial kelurga Zahrana yang sederhana. Aspek-aspek sosiologi sastra novel Cinta Suci Zahrana Karya Habiburrahman El Shirazy digolongkan menjadi lima meliputi: kekerabatan, cinta kasih terhadap keluarga, sahabat, dan lawan jenis yang terjalin dengan baik.Moral meliputi: dermawan, tolong menolong, setia kawan, suka memberi nasihat, pendidikan. Rencana pelaksanaan pembelajaran novel Cinta Suci Zahrana Karya Habiburrahman El Shirazy di SMA, digunakan model PAIKEM novel Cinta Suci Zahrana Karya Habiburrahman El Shirazy karena ceritanya dapat memberikan pesan-pesan positif bagi peserta didik. Keterampilan bersastra Indonesia dalam kurikulum tingkat satuan pendidikan (KTSP) yang berkaitan dengan kopetensi dasar yaitu 7.2 menganalisis unsur-unsur intrinsik dan ekstrinsik novel Indonesia atau terjemahan. en_US
dc.publisher PBSI-FKIP en_US
dc.subject Aspek sosiologi, skenario pembelajaran di SMA. en_US
dc.title ANALISIS SOSIOLOGI SASTRA NOVEL CINTA SUCI ZAHRANA KARYA HABIBURRAHMAN EL SHIRAZY DAN SKENARIO PEMBELAJARANNYA DI SMA en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search Repository-UMP


Browse

My Account