Abstract:
Penelitian ini bertujuan: (1) untuk meningkatkan pemahaman konsep siswa
dengan pembelajaran POGIL kelas X IPA-2 SMA Negeri 1 Buluspesantren
Kebumen tahun peelajaran 2016/2017 dan (2) untuk meningkatkan berpikir kreatif
matematis siswa dengan pembelajaran POGIL kelas X IPA-2 SMA Negeri 1
Buluspesantren Kebumen tahun peelajaran 2016/2017.
Penelitian ini merupakan PTK (Penelitian Tindakan Kelas) yang
dilaksanakan dalam 2 siklus dengan masing-masing siklus terdiri dari 3
pertemuan. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X IPA-2 SMA Negeri 1
Buluspesantren Kebumen tahun pelajaran 2016/2017 yang berjumlah 22 siswa.
Teknik pengumpulan data pada penelitian ini yaitu metode observasi, metode tes,
catatan lapangan, dan wawancara tidak terstruktur. Instrumen yang digunakan
lembar observasi keterlaksanaan untuk mengukur keterlaksanaan pembelajaran
dengan model POGIL dan tes untuk mengukur pemahaman konsep serta berpikir
kreatif matematis siswa pada tiap siklusnya. Setelah data terkumpul, data
dianalisis dengan menggunakan analisis data kualitatif dan kuantitatif.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pembelajaran menggunakan
model pembelajaran POGIL dapat meningkatkan 1) pemahaman konsep yaitu
siswa dapat memahami konsep matematika dalam menyelesaikan permasalahan
matematis dengan perolehan rerata persentase siklus I yaitu 68,75% dalam
katagori cukup. Pada siklus II mengalami kenaikan sebesar 78,41% dalam
katagori baik. 2) berpikir kreatif matematis yaitu siswa dapat mengungkapkan dan
mengembangkan gagasan yang dimilikinya dalam menyelesaikan permasalahan
matematis dengan perolehan rerata persentase yaitu 64,20% dengan katagori
cukup. Pada siklus II meningkat sebesar 77,84% dengan katagorik baik.