Repository-Universitas Muhammadiyah Purworejo

Peningkatan Pemahaman Konsep dan Berpikir Kreatif Matematis Siswa dengan Model Pembelajaran Process Oriented Guided Inquiry Learning (POGIL) Kelas X IPA-2 SMA Negeri 1 Buluspesantren Kebumen Tahun Pelajaran 2016/2017

Show simple item record

dc.contributor.author Nawangwulan, Nurmaghfiroh Almas
dc.date.accessioned 2018-02-08T08:35:39Z
dc.date.available 2018-02-08T08:35:39Z
dc.date.issued 2017
dc.identifier.uri http://repository.umpwr.ac.id:8080/handle/123456789/1773
dc.description.abstract Penelitian ini bertujuan: (1) untuk meningkatkan pemahaman konsep siswa dengan pembelajaran POGIL kelas X IPA-2 SMA Negeri 1 Buluspesantren Kebumen tahun peelajaran 2016/2017 dan (2) untuk meningkatkan berpikir kreatif matematis siswa dengan pembelajaran POGIL kelas X IPA-2 SMA Negeri 1 Buluspesantren Kebumen tahun peelajaran 2016/2017. Penelitian ini merupakan PTK (Penelitian Tindakan Kelas) yang dilaksanakan dalam 2 siklus dengan masing-masing siklus terdiri dari 3 pertemuan. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X IPA-2 SMA Negeri 1 Buluspesantren Kebumen tahun pelajaran 2016/2017 yang berjumlah 22 siswa. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini yaitu metode observasi, metode tes, catatan lapangan, dan wawancara tidak terstruktur. Instrumen yang digunakan lembar observasi keterlaksanaan untuk mengukur keterlaksanaan pembelajaran dengan model POGIL dan tes untuk mengukur pemahaman konsep serta berpikir kreatif matematis siswa pada tiap siklusnya. Setelah data terkumpul, data dianalisis dengan menggunakan analisis data kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pembelajaran menggunakan model pembelajaran POGIL dapat meningkatkan 1) pemahaman konsep yaitu siswa dapat memahami konsep matematika dalam menyelesaikan permasalahan matematis dengan perolehan rerata persentase siklus I yaitu 68,75% dalam katagori cukup. Pada siklus II mengalami kenaikan sebesar 78,41% dalam katagori baik. 2) berpikir kreatif matematis yaitu siswa dapat mengungkapkan dan mengembangkan gagasan yang dimilikinya dalam menyelesaikan permasalahan matematis dengan perolehan rerata persentase yaitu 64,20% dengan katagori cukup. Pada siklus II meningkat sebesar 77,84% dengan katagorik baik. en_US
dc.publisher Pendidikan Matematika - FKIP en_US
dc.subject pemahaman konsep, berpikir kreatif, POGIL en_US
dc.title Peningkatan Pemahaman Konsep dan Berpikir Kreatif Matematis Siswa dengan Model Pembelajaran Process Oriented Guided Inquiry Learning (POGIL) Kelas X IPA-2 SMA Negeri 1 Buluspesantren Kebumen Tahun Pelajaran 2016/2017 en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search Repository-UMP


Browse

My Account