Repository-Universitas Muhammadiyah Purworejo

PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS PUISI MENGGUNAKAN TEKNIK PARAFRASE PADA SISWA KELAS X SMK BATIK PERBAIK PURWOREJO TAHUN AJARAN 2013/2014

Show simple item record

dc.contributor.author Nurhayati, Herlita Siti
dc.date.accessioned 2018-02-08T08:37:37Z
dc.date.available 2018-02-08T08:37:37Z
dc.date.issued 2016
dc.identifier.uri http://repository.umpwr.ac.id:8080/handle/123456789/1774
dc.description.abstract Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsi: (1) penerapan pembelajaran menulis puisi dengan teknik parafrase pada siswa kelas X SMK Batik Perbaik Purworejo, (2) pengaruh teknik parafrase dalam menulis puisi pada siswa kelas X SMK Batik Perbaik Purworejo, (3) peningkatan kemampuan siswa kelas X SMK Batik Perbaik Purworejo dalam menulis puisi setelah menggunakan pembelajaran dengan teknik parafrase. Metode penelitian yang penulis gunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas yang dilakukan dalam dua tahap, yaitu tahap siklus I dan siklus II. Setiap siklus penelitian terdiri dari empat tahap, yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan, dan refleksi. Pengambilan data penelitian melalui teknik tes berupa hasil menulis cerpen siswa dan nontes berupa aspek observasi, wawancara, dan angket. Teknik analisis yang digunakan adalah teknik kualitatif dan teknik kuantitatif. Teknik kualitatif digunakan untuk menganalisis data nontes yang berupa hasil aspek observasi, wawancara, dan angket. Teknik kuantitatif digunakan untuk menganalisis hasil data tes berupa hasil menulis cerpen siswa pada setiap siklus. Teknik validitas data menggunakn teknik triangulasi dan diskusi. Teknik penyajian analisis dat dilakukan dengan analisis deskriptif dengan teknik persentase secara kuantitatif selanjutnya data tersebut disajikan menggunakan penyajian data informal. Hasil penelitian ini adalah sebagai berikut (1) Langkah-langkah yang ditempuh pada pembelajaran menulis puisi antara lain a) menyajikan materi hakikat puisi dan teknik parafrase b) instruksikan kepada siswa untuk mengingat khayalan yang mereka dapat dengan membuat catatan kecil c) instruksikan siswa untuk membuat kelompok kecil d) insteruksikan siswa untuk menulis puisi dengan khayalan yang mereka dapat dengan kata-kata yang tepat atau yang mengandung nilai keindahan dari sebuah cerpen persahabatan tersebut. (2) Pengaruh teknik parafrase terhadap motivasi belajar siswa pada pembelajaran menulis puisi mengalami peningkatan dengan aspek antusias ketika pembelajaran, keaktifan, interaksi, tanggung jawab pada pra siklus memperoleh skor 13,8 dan mengalami peningkatan pada siklus I yaitu 16,5 dan pada siklus dua 18,53. (3) Teknik parafrase terbukti dapat meningkatkan kemampuan menulis puisi. Peningkatan kemampuan menulis diketahui dari hasil siklus I dan II. Nilai ratarata pada prasiklus sebesar 68,69 termasuk kedalam kategori belum memenuhi KKM yakni 70,00, sedangkan nilai rata-rata yang diperoleh pada siklus I 74,29 berada pada kategori cukup. Peningkatan pada pra-siklus sampai siklus I meningkat 5,6 poin, sedangkan peningkatan pada siklus I sampai dengan siklus II sebesar 7,75 poin dengan rata-rata pada siklus II 82,04. en_US
dc.publisher PBSI-FKIP en_US
dc.subject Keterampilan menulis puisi, Teknik parafrase en_US
dc.title PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS PUISI MENGGUNAKAN TEKNIK PARAFRASE PADA SISWA KELAS X SMK BATIK PERBAIK PURWOREJO TAHUN AJARAN 2013/2014 en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search Repository-UMP


Browse

My Account