Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk: menghasilkan LAS yang layak dengan
pendekatan discovery learning untuk siswa SMP kelas VII pada materi garis dan
sudut. Jenis penelitian yang digunakan adalah pengembangan atau Research and
Development (R&D) dengan menerapkan model ADDIE yang terdiri dari 5
tahapan yaitu analysis, design, development, implementation, dan evaluation.
Instrumen yang terdapat pada penelitian ini meliputi lembar penilaian ahli
terhadap LAS, angket respon siswa, dan soal tes (soal evaluasi). Metode
pengumpulan data pada penelitian ini dengan melakukan wawancara, pengisian
lembar penilaian, lembar angket respon, dan metode tes. Teknik analisis data yang
diterapkan dalam penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif. Berdasarkan analisis,
dapat disimpulkan bahwa pengembangan LAS dengan pendekatan discovery
learning untuk siswa SMP kelas VII tahun ajaran 2016/2017 dengan melalui ke-5
tahap yaitu analysis, design, development, implementation, dan evaluation
memperoleh hasil valid dari segi materi yang dinilai oleh ahli dengan hasil rerata
sebesar 3,00. Sedangkan penilaian kevalidan dari segi media yang dinilai oleh ahli
memperoleh hasil rerata sebesar 3,67. LAS matematika yang dikembangkan
mendapat respon baik dari siswa dalam kategori praktis memperoleh presentase
sebesar 79,92%. Ketuntasan hasil belajar siswa setelah menggunakan LAS
matematika selama proses pembelajaran berlangsung dalam kategori efektif
memperoleh presentase sebesar 65,63% yang memenuhi ke dalam kriteria cukup,
sehingga dari pernyataaan valid, praktis, dan efektif dari analisis data yang
diperoleh maka LAS dengan pendekatan discovery learning layak digunakan.