Repository-Universitas Muhammadiyah Purworejo

Pengembangan Lembar Aktivitas Siswa (LAS) dengan Pendekatan Discovery Learning Untuk Siswa Kelas VII SMP Tahun Ajaran 2016/2017

Show simple item record

dc.contributor.author Umainah, Farrah
dc.date.accessioned 2018-02-08T08:39:04Z
dc.date.available 2018-02-08T08:39:04Z
dc.date.issued 2017
dc.identifier.uri http://repository.umpwr.ac.id:8080/handle/123456789/1776
dc.description.abstract Penelitian ini bertujuan untuk: menghasilkan LAS yang layak dengan pendekatan discovery learning untuk siswa SMP kelas VII pada materi garis dan sudut. Jenis penelitian yang digunakan adalah pengembangan atau Research and Development (R&D) dengan menerapkan model ADDIE yang terdiri dari 5 tahapan yaitu analysis, design, development, implementation, dan evaluation. Instrumen yang terdapat pada penelitian ini meliputi lembar penilaian ahli terhadap LAS, angket respon siswa, dan soal tes (soal evaluasi). Metode pengumpulan data pada penelitian ini dengan melakukan wawancara, pengisian lembar penilaian, lembar angket respon, dan metode tes. Teknik analisis data yang diterapkan dalam penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif. Berdasarkan analisis, dapat disimpulkan bahwa pengembangan LAS dengan pendekatan discovery learning untuk siswa SMP kelas VII tahun ajaran 2016/2017 dengan melalui ke-5 tahap yaitu analysis, design, development, implementation, dan evaluation memperoleh hasil valid dari segi materi yang dinilai oleh ahli dengan hasil rerata sebesar 3,00. Sedangkan penilaian kevalidan dari segi media yang dinilai oleh ahli memperoleh hasil rerata sebesar 3,67. LAS matematika yang dikembangkan mendapat respon baik dari siswa dalam kategori praktis memperoleh presentase sebesar 79,92%. Ketuntasan hasil belajar siswa setelah menggunakan LAS matematika selama proses pembelajaran berlangsung dalam kategori efektif memperoleh presentase sebesar 65,63% yang memenuhi ke dalam kriteria cukup, sehingga dari pernyataaan valid, praktis, dan efektif dari analisis data yang diperoleh maka LAS dengan pendekatan discovery learning layak digunakan. en_US
dc.publisher Pendidikan Matematika - FKIP en_US
dc.subject LAS, discovery learning en_US
dc.title Pengembangan Lembar Aktivitas Siswa (LAS) dengan Pendekatan Discovery Learning Untuk Siswa Kelas VII SMP Tahun Ajaran 2016/2017 en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search Repository-UMP


Browse

My Account