Repository-Universitas Muhammadiyah Purworejo

KRITIK SOSIAL DALAM NOVEL LOVE IN BALI KARYA SUNARYONO BASUKI DAN SKENARIO PEMBELAJARANNYA DI KELAS XI SMA

Show simple item record

dc.contributor.author Windardi, Teguh
dc.date.accessioned 2018-02-08T08:40:51Z
dc.date.available 2018-02-08T08:40:51Z
dc.date.issued 2016
dc.identifier.uri http://repository.umpwr.ac.id:8080/handle/123456789/1777
dc.description.abstract Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mendeskripsikan: (1) unsur instrinsik dalam novel Love in Bali; (2) kritik sosial dalam novel Love in Bali; (3) skenario pembelajaran novel Love in Bali di kelas XI SMA. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Fokus penelitian ini adalah kritik sosial dalam novel Love in Bali Karya Sunaryono Basuki. Data yang digunakan adalah narasi dan percakapan. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan teknik studi pustaka. Instrumen penelitian yang dipakai dalam penelitian ini adalah kertas-kertas pencatat data. Analisis data dilakukan dengan metode analisis isi. Teknik penyajian hasil analisis ini dilakukan dengan menggunakan teknik informal. Dari hasil penelitian ini disimpulkan bahwa (1) fakta cerita dalam novel Love in Bali sebagai berikut: (a) tema novel ini adalah kisah perjuangan Ayu Mang dalam memperoleh pengakuan kembali sebagai anggota keluarga besarnya; (b) tokoh utamanya adalah Ayu, sedangkan tokoh tambahannya adalah Andy, Patrick, Jeremy, Rita, Mahardika, Mekele Seroja; (c) alur yang digunakan adalah alur maju; (d) latar dalam novel ini terdiri dari latar tempat antara lain, Singaraja, Denpasar, Jakarta, Leeds, Paris; latar waktu yang digunakan adalah pagi hari, siang hari, sore hari; dan malam hari, sedangkan latar sosial dalam novel ini melukiskan kehidupan sosiobudaya masyarakat tradisional dan kehidupan sosiobudaya masyarakat modern. (e) amanat adalah cinta tanah air, (2) nilai kritik sosial novel Love in Bali mencakup tiga aspek yaitu: (a) kritik terhadap kehidupan sosiobudaya masyarakat tradisional meliputi kritik terhadap percaya kepada takhayul, kritik terhadap aturan yang kaku dalam keluarga, kritik terhadap percaya kepada kutukan; (b) kritik terhadap kehidupan sosiobudaya masyarakat modern meliputi kritik terhadap pergaulan bebas dan kritik terhadap kepercayaan kepada Tuhan; (c) kritik terhadap kekuasaan meliputi kritik terhadap penguasa yang menyalahgunakan jabatannya, kritik terhadap penyimpangan penguasaan teknologi komunikasi, dan kritik terhadap pelaksanaan hukuman tanpa proses peradilan; (3) Skenario pembelajaran kritik sosial pada novel Love in Bali terdiri atas enam langkah, yaitu: (a) pelacakan; pendahuluan;(b) penentuan sikap praktis; (c) introduksi;(d) penyajian; (e) diskusi; dan (f) pengukuhan. Skenario sesuai dengan kompetensi dasar menganalisis unsur-unsur intrinsik dan ekstrinsik novel Indonesia/ terjemahan. en_US
dc.publisher PBSI-FKIP en_US
dc.subject kritik sosial, novel, dan skenario pembelajaran di SMA en_US
dc.title KRITIK SOSIAL DALAM NOVEL LOVE IN BALI KARYA SUNARYONO BASUKI DAN SKENARIO PEMBELAJARANNYA DI KELAS XI SMA en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search Repository-UMP


Browse

My Account