Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: (1) unsur intrinsik novel
Pulang, (2) nilai-nilai moral novel Pulang, dan (3) penerapan pembelajaran novel
Pulang karya Leila S. Chudori di SMA.
Penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Data penelitian berupa kalimatkalimat
atau kutipan-kutipan yang berhubungan dengan unsur intrinsik dan nilai
moral. Sumber data penelitian ini adalah teks novel Pulang. Subjek penelitian ini
adalah novel Pulang karya Leila S. Chudori yang diterbitkan oleh Gramedia tahun
2013. Objek penelitian ini adalah tema, tokoh dan penokohan, latar, alur, sudut
pandang, amanat, dan sikap atau perilaku tokoh-tokoh dalam novel yang
mengandung nilai moral. Data dikumpulkan menggunakan metode baca dan catat
dengan peneliti sendiri sebagai alat pengumpul data utama. Validitas data dilakukan
dengan teknik triangulasi teori. Data dianalisis menggunakan metode analisis isi
(content analysis) dan hasilnya dipaparkan menggunakan metode informal.
Hasil penelitian ini adalah (1) unsur intrinsik novel Pulang meliputi tema,
yakni tentang nasionalisme kaum ekstapol; penokohan yang ada dalam novel ini
begitu menonjol terutama pada tokoh utama yaitu Dimas dan Lintang; alur yang
digunakan adalah alur campuran; latar yang terdapat dalam novel Pulang dapat
dideskripsikan ke dalam unsur tempat yaitu Jakarta dan Paris, unsur waktu yaitu
tahun 1965-1998, dan unsur suasana yaitu suasana tegang dan mencekam; sudut
pandang pada novel ini adalah sudut pandang campuran; amanat novel ini adalah
manusia harus memiliki prinsip dalam hidup, mencintai tanah air, dan bertanggung
jawab terhadap keputusan yang telah diambil. (2) Nilai-nilai moral novel meliputi (a)
nilai moral dalam hubungan manusia dengan Tuhannya yang berupa kepercayaan
terhadap Tuhan, bersyukur kepada Tuhan, dan memanjatkan doa; (b) nilai moral
dalam hubungan manusia dengan dirinya sendiri yang berupa teguh pada pendirian,
optimis, dan penyesalan; (c) nilai moral dalam hubungan manusia dengan manusia
lain dalam lingkup sosial, yakni berupa peduli sesama, berterima kasih, menghargai
orang lain, dan jujur. (3) Penerapan pembelajaran novel di SMA dilakukan dengan
tiga tahap, yakni (a) tahap perencanaan (guru melakukan pelacakan pendahuluan,
menentukan sikap praktis, membuat RPP, menyusun instrumen penilaian, dan
menyiapkan media serta sumber belajar), (b) tahap pelaksanaan dilaksanakan dengan
langkah-langkah: tahap pengantar: menyampaikan gambaran umum novel dan
bagian-bagian menarik dalam novel, tahap penyajian: uraian materi secara
komprehensif, meliputi unsur-unsur intrinsik novel dan macam-macam nilai moral
dalam novel, diskusi: pemberian masalah untuk didiskusikan dalam kelompok
belajar, pengukuhan: tugas mandiri; (c) kegiatan akhir, meliputi: guru menyimpulkan
hasil pembelajaran, memotivasi siswa untuk mengambil nilai moral dalam novel
Pulang. Pada tahap refleksi, guru menganalisis dan merenungkan proses pelaksanaan
pembelajaran, menganalisis hasil evaluasi belajar siswa, membuat soal remidi dan
materi pengayaan jika diperlukan, dan menyusun rencana perbaikan atau
penyempurnaan untuk pembelajaran mendatang.