Repository-Universitas Muhammadiyah Purworejo

ANALISIS NILAI MORAL DALAM NOVEL PULANG KARYA LEILA SALIKHA CHUDORI DAN PENERAPANNYA DALAM PEMBELAJARAN SASTRA DI SMA

Show simple item record

dc.contributor.author Cahyono, Wahyu
dc.date.accessioned 2018-02-08T08:43:30Z
dc.date.available 2018-02-08T08:43:30Z
dc.date.issued 2016
dc.identifier.uri http://repository.umpwr.ac.id:8080/handle/123456789/1779
dc.description.abstract Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: (1) unsur intrinsik novel Pulang, (2) nilai-nilai moral novel Pulang, dan (3) penerapan pembelajaran novel Pulang karya Leila S. Chudori di SMA. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Data penelitian berupa kalimatkalimat atau kutipan-kutipan yang berhubungan dengan unsur intrinsik dan nilai moral. Sumber data penelitian ini adalah teks novel Pulang. Subjek penelitian ini adalah novel Pulang karya Leila S. Chudori yang diterbitkan oleh Gramedia tahun 2013. Objek penelitian ini adalah tema, tokoh dan penokohan, latar, alur, sudut pandang, amanat, dan sikap atau perilaku tokoh-tokoh dalam novel yang mengandung nilai moral. Data dikumpulkan menggunakan metode baca dan catat dengan peneliti sendiri sebagai alat pengumpul data utama. Validitas data dilakukan dengan teknik triangulasi teori. Data dianalisis menggunakan metode analisis isi (content analysis) dan hasilnya dipaparkan menggunakan metode informal. Hasil penelitian ini adalah (1) unsur intrinsik novel Pulang meliputi tema, yakni tentang nasionalisme kaum ekstapol; penokohan yang ada dalam novel ini begitu menonjol terutama pada tokoh utama yaitu Dimas dan Lintang; alur yang digunakan adalah alur campuran; latar yang terdapat dalam novel Pulang dapat dideskripsikan ke dalam unsur tempat yaitu Jakarta dan Paris, unsur waktu yaitu tahun 1965-1998, dan unsur suasana yaitu suasana tegang dan mencekam; sudut pandang pada novel ini adalah sudut pandang campuran; amanat novel ini adalah manusia harus memiliki prinsip dalam hidup, mencintai tanah air, dan bertanggung jawab terhadap keputusan yang telah diambil. (2) Nilai-nilai moral novel meliputi (a) nilai moral dalam hubungan manusia dengan Tuhannya yang berupa kepercayaan terhadap Tuhan, bersyukur kepada Tuhan, dan memanjatkan doa; (b) nilai moral dalam hubungan manusia dengan dirinya sendiri yang berupa teguh pada pendirian, optimis, dan penyesalan; (c) nilai moral dalam hubungan manusia dengan manusia lain dalam lingkup sosial, yakni berupa peduli sesama, berterima kasih, menghargai orang lain, dan jujur. (3) Penerapan pembelajaran novel di SMA dilakukan dengan tiga tahap, yakni (a) tahap perencanaan (guru melakukan pelacakan pendahuluan, menentukan sikap praktis, membuat RPP, menyusun instrumen penilaian, dan menyiapkan media serta sumber belajar), (b) tahap pelaksanaan dilaksanakan dengan langkah-langkah: tahap pengantar: menyampaikan gambaran umum novel dan bagian-bagian menarik dalam novel, tahap penyajian: uraian materi secara komprehensif, meliputi unsur-unsur intrinsik novel dan macam-macam nilai moral dalam novel, diskusi: pemberian masalah untuk didiskusikan dalam kelompok belajar, pengukuhan: tugas mandiri; (c) kegiatan akhir, meliputi: guru menyimpulkan hasil pembelajaran, memotivasi siswa untuk mengambil nilai moral dalam novel Pulang. Pada tahap refleksi, guru menganalisis dan merenungkan proses pelaksanaan pembelajaran, menganalisis hasil evaluasi belajar siswa, membuat soal remidi dan materi pengayaan jika diperlukan, dan menyusun rencana perbaikan atau penyempurnaan untuk pembelajaran mendatang. en_US
dc.publisher PBSI-FKIP en_US
dc.subject unsur intrinsik, nilai moral, novel Pulang, penerapan pembelajaran di SMA en_US
dc.title ANALISIS NILAI MORAL DALAM NOVEL PULANG KARYA LEILA SALIKHA CHUDORI DAN PENERAPANNYA DALAM PEMBELAJARAN SASTRA DI SMA en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search Repository-UMP


Browse

My Account