Repository-Universitas Muhammadiyah Purworejo

Pengaruh Model Pembelajaran Group Investigation (GI) terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa Ditinjau dari Kemandirian Belajar Siswa SMP N 40 Purworejo Tahun Pelajaran 2016/2017

Show simple item record

dc.contributor.author Budiarsih, Cahya
dc.date.accessioned 2018-02-08T08:43:33Z
dc.date.available 2018-02-08T08:43:33Z
dc.date.issued 2017
dc.identifier.uri http://repository.umpwr.ac.id:8080/handle/123456789/1780
dc.description.abstract Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) prestasi belajar matematika siswa yang mengikuti pembelajaran dengan model Group Investigation (GI) dan prestasi belajar matematika siswa yang mengikuti model pembelajaran dengan model konvensional, (2) prestasi belajar matematika siswa yang mempunyai kemandirian belajar tinggi lebih baik dari siswa yang mempunyai kemandirian sedang dan rendah, dan prestasi siswa yang mempunyai kemandirian sedang lebih baik dari siswa yang mempunyai kemandirian rendah, (3) adanya interaksi antara model Group Investigation (GI) dan kemandirian belajar siswa terhadap prestasi belajar matematika. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP N 40 Purworejo yang terdiri dari 5 kelas. Pengambilan sampel menggunakan teknik cluster random sampling. Teknik pengambilan data yang digunakan adalah metode dokumentasi, angket dan tes. Instrumen penelitian berupa lembar angket dan tes prestasi belajar siswa. Teknik analisis data menggunakan uji anava dua jalan sel tak sama dan komparasi ganda untuk uji lanjut anava. Penelitian ini menunjukan bahwa (1) model pembelajaran Group Investigation memberikan prestasi belajar matematika yang lebih baik dari model pembelajaran konvensional pada materi segitiga dan bangun datar segiempat (2) terdapat perbedaan prestasi belajar matematika pada tingkat Kemandirian belajar tinggi, sedang dan rendah pada materi segitiga dan bangun datar segiempat (3) tidak ada interaksi antara model pembelajaran dengan kemandirian belajar terhadap prestasi belajar matematika siswa pada materi segitiga dan bangun datar segiempat. en_US
dc.publisher Pendidikan Matematika - FKIP en_US
dc.subject Model pembelajaran GI, Prestasi belajar, dan Kemandirian belajar en_US
dc.title Pengaruh Model Pembelajaran Group Investigation (GI) terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa Ditinjau dari Kemandirian Belajar Siswa SMP N 40 Purworejo Tahun Pelajaran 2016/2017 en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search Repository-UMP


Browse

My Account