dc.contributor.author |
Purbaningsih, Wahyu |
|
dc.date.accessioned |
2018-02-08T08:47:46Z |
|
dc.date.available |
2018-02-08T08:47:46Z |
|
dc.date.issued |
2017 |
|
dc.identifier.uri |
http://repository.umpwr.ac.id:8080/handle/123456789/1784 |
|
dc.description.abstract |
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Peningkatan Kemandirian
Belajar dan Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa melalui Model
Pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL ) pada Siswa Kelas X
SMK Negeri 6 Purworejo Tahun Pelajaran 2016/2017”.
Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan
pada siswa kelas X SMK Negeri 6 Purworejo Tahun Pelajaran 2016/2017
sebanyak 32 siswa, yang terdiri dari 32 siswa perempuan. Penelitian ini dilakukan
dalam dua siklus, setiap siklus terdiri dari empat tahapan yaitu perencanaan,
tindakan, pengamatan dan refleksi. Pada setiap akhir siklus diadakan tes akhir
siklus. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar observasi
dan soal tes berpikir kritis matematis. Analisis data dalam penelitian ini dengan
menggunakan analisis pendekatan kuantitatif deskriptif.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pembelajaran matematika dengan
model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) terdapat
peningkatan kemandirian belajar siswa yang ditunjukkan pada kegiatan siklus I
belum mampu untuk memberikan penilaian atau pertimbangan terhadap suatu
permasalahan matematika, pada siklus II siswa mampu memberikan penilaian
atau pertimbangan terhadap suatu permasalahan matematika. Selain itu, perolehan
rerata lembar observasi kemandirian belajar pada siklus I 63% dengan kategori
“cukup” pada siklus II meningkat menjadi 77% dengan kategori “baik” sedangkan
rerata tes berpikir kritis matematis siswa 67,56% dengan kategori “cukup” pada
siklus I meningkat 79,02% dengan kategori “ baik” pada siklus II. Terdapat
peningkatan kemampuan berpikir kritis matematis siswa yang ditunjukan pada
kegiatan siklus I siswa belum mampu mengembangkan gagasan yang dimiliki
serta siswa belum mampu memberikan penyelesaian masalah dengan cara yang
berbeda, pada siklus II siswa sudah mampu mengembangkan gagasan yang
dimiliki serta siswa sudah mampu memberikan penyelesaian masalah dengan cara
yang berbeda. |
en_US |
dc.publisher |
Pendidikan Matematika - FKIP |
en_US |
dc.subject |
Kemandirian Belajar, Kemampuan Berpikir Kritis Matematis, Pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) |
en_US |
dc.title |
Peningkatan Kemandirian Belajar dan Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa melalui Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) pada Siswa Kelas X SMK Negeri 6 Purworejo Tahun Pelajaran 2016/2017 |
en_US |
dc.type |
Thesis |
en_US |