Abstract:
Tujuan dalam penelitian ini untuk mendeskripsi (1) Struktur pembangun
yang terdapat dalam novel 5 Cm karya Donny Dhirgantoro; (2) nilai-nilai moral
yang terdapat dalam novel 5 Cm karya Donny Dhirgantoro; dan (3) skenario
pembelajaran novel 5 Cm karya Dhonny Dhirgantoro di SMA.
Jenis penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Objek penelitian ini
adalah struktur pembangun karya sastra, nilai-nilai moral yang terdapat dalam
novel 5 Cm, dan skenario pembelajarannya di SMA. Pengumpulan data dalam
penelitian ini dilakukan dengan teknik observasi dan simak catat. Instrumen yang
digunakan dalam penelitian ini adalah peneliti, kartu pencatat data, dan alat
tulisnya. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan metode analisis isi.
Teknik yang digunakan penulis untuk menyajikan hasil analisis adalah teknik
penyajian informal.
Dari hasil penelitian disimpulkan bahwa (1) struktur pembangun yang
terdapat di dalam novel 5 Cm karya Donny Dhirgantoro meliputi: abstrak novel ini
adalah ringkasan novel 5 Cm. Orientasi novel ini adalah latar tempat, latar waktu,
dan latar suasana. Komplikasi novel ini meliputi pemunculan masalah dan puncak
masalah. Evaluasi terjadi ketika Arial ingin berhenti dan Ian yang pingsan.
Resolusi dalam novel ini ketika Arial melanjutkan pendakian dan Ian yang
siuman. Koda dalam novel ini setelah pendakian, mereka meyakini mengenai
keyakinan. (2) Wujud nilai moral yang terdapat di dalam novel 5 Cm meliputi nilai
moral hubungan manusia dengan Tuhan yang meliputi: berdoa, memuji kebesaran
Tuhan, percaya adanya Tuhan, dan Bersyukur, hubungan manusia dengan diri
sendiri: bijaksana, berpendirian, prasangka baik, ramah, introspeksi diri, taat
peraturan, berpikir cerdas,kerja keras, sabar, percaya diri, tanggung jawab, semangat,
takut, dan bangga, hubungan manusia dengan manusia lain meliputi: tolongmenolong,
berbakti kepada orang tua, kerja sama, memuji, persahabatan, menasihati,
dan persaudaraan. Hubungan manusia dengan alam sekitar dalam novel ini meliputi
memuji keindahan alam. (3) Pembelajaran novel 5 Cm karya Donny Dhirgantoro
didasarkan pada standar kompetensi 7. Memahami berbagai hikayat, novel
indonesia / novel terjemahan dan kompetensi dasar 7.2 menganalisis unsur-unsur
intrinsik novel indonesia / terjemahan. Langkah-langkah pembelajarannya adalah:
(a) peserta didik dikelompokan 4-6 siswa dalam satu tim; (b) setiap kelompok
diberi materi subtopik yang berbeda; (c) membentuk kelompok ahli, diambil dari
salah satu orang dari kelompok asal, dan tim ahli mendiskusikan subtopik yang
telah dibagikan; (d) setelah selesai, sebagai tim ahli tiap anggota kelompok
kembali ke kelompok asal dan berdiskusi dengan teman satu tim asal.