Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) apakah komunikasi matematis siswa yang dikenai model pembelajaran Think Talk Write (TTW) lebih baik daripada yang dikenai model pembelajaran Student Facilitator and Explaining (SFE); dan (2) apakah prestasi belajar siswa yang dikenai model pembelajaran Think Talk Write (TTW) lebih baik daripada prestasi belajar siswa yang dikenai model pembelajaran Student Facilitator and Explaining (SFE).
Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas VII SMP Negeri 32 Purworejo Tahun pelajaran 2016/2017. Pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik cluster random sampling. Sampel dalam penelitian ini berjumlah dua kelas, yaitu kelas VII B sebagai kelas eksperimen I dan kelas VII A sebagai kelas Eksperimen II. Teknik pengambilan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik dokumentasi dan tes. Instrumen penelitian berupa tes komunikasi matematis dan prestasi belajar. Uji prasyarat analisis menggunakan metode Liliefors untuk uji normalitas, metode Barllet untuk uji homogenitas, uji keseimbangan dan uji-t multivariat untuk menguji hipotesis.
Dari hasil analisis data dengan uji-t multivariat diperoleh: (1) komunikasi matematis siswa yang dikenai model pembelajaran Think Talk Write lebih baik daripada komunikasi matematis siswa yang dikenai model pembelajaran Student Facilitator and Explaining dan (2) prestasi belajar siswa yang dikenai model pembelajaran Think Talk Write lebih baik daripada prestasi belajar siswa yang dikenai model pembelajaran Student Facilitator and Explaining.