Repository-Universitas Muhammadiyah Purworejo

Eksperimentasi Model Pembelajaran Think Talk Write (TTW) dan Student Facilitator and Explaining (SFE) terhadap Komunikasi Matematis dan Prestasi Belajar Siswa Kelas VII SMP Negeri 32 Purworejo Tahun Pelajaran 2016/2017

Show simple item record

dc.contributor.author Lestari, Eka Susiana
dc.date.accessioned 2018-02-08T08:51:12Z
dc.date.available 2018-02-08T08:51:12Z
dc.date.issued 2017
dc.identifier.uri http://repository.umpwr.ac.id:8080/handle/123456789/1788
dc.description.abstract Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) apakah komunikasi matematis siswa yang dikenai model pembelajaran Think Talk Write (TTW) lebih baik daripada yang dikenai model pembelajaran Student Facilitator and Explaining (SFE); dan (2) apakah prestasi belajar siswa yang dikenai model pembelajaran Think Talk Write (TTW) lebih baik daripada prestasi belajar siswa yang dikenai model pembelajaran Student Facilitator and Explaining (SFE). Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas VII SMP Negeri 32 Purworejo Tahun pelajaran 2016/2017. Pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik cluster random sampling. Sampel dalam penelitian ini berjumlah dua kelas, yaitu kelas VII B sebagai kelas eksperimen I dan kelas VII A sebagai kelas Eksperimen II. Teknik pengambilan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik dokumentasi dan tes. Instrumen penelitian berupa tes komunikasi matematis dan prestasi belajar. Uji prasyarat analisis menggunakan metode Liliefors untuk uji normalitas, metode Barllet untuk uji homogenitas, uji keseimbangan dan uji-t multivariat untuk menguji hipotesis. Dari hasil analisis data dengan uji-t multivariat diperoleh: (1) komunikasi matematis siswa yang dikenai model pembelajaran Think Talk Write lebih baik daripada komunikasi matematis siswa yang dikenai model pembelajaran Student Facilitator and Explaining dan (2) prestasi belajar siswa yang dikenai model pembelajaran Think Talk Write lebih baik daripada prestasi belajar siswa yang dikenai model pembelajaran Student Facilitator and Explaining. en_US
dc.publisher Pendidikan Matematika - FKIP en_US
dc.subject Pembelajaran Think Talk Write, pembelajaran Student Facilitator and Explaining, komunikasi matematis, prestasi belajar en_US
dc.title Eksperimentasi Model Pembelajaran Think Talk Write (TTW) dan Student Facilitator and Explaining (SFE) terhadap Komunikasi Matematis dan Prestasi Belajar Siswa Kelas VII SMP Negeri 32 Purworejo Tahun Pelajaran 2016/2017 en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search Repository-UMP


Browse

My Account