Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan berpikir kreatif siswa dalam menyelesaikan soal higher order thinking. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Purworejo tahun pelajaran 2016/2017. Teknik sampling yang digunakan dalam penelitian ini adalah purposive sampling dan snowball sampling. Pemilihan subjek berdasarkan pada kemampuan matematika siswa kategori tinggi dan pertimbangan guru. Subjek yang diambil sebanyak 6 siswa. Pengumpulan data menggunakan soal higher order thinking untuk mengukur kemampuan berpikir kreatif siswa, wawancara, dan catatan lapangan. Teknik analisis data yang digunakan yaitu teknik analisis dari Miles & Hubermen yang meliputi tiga aktivitas yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kemampuan berpikir kreatif siswa dalam menyelesaikan soal higher order thinking pada siswa berkemampuan matematika tinggi dapat memunculkan empat aspek kemampuan berpikir kreatif yaitu kelancaran ditunjukkan oleh kemampuan menemukan solusi masalah. Keluwesan ditunjukkan oleh kemampuan mengidentifikasi dua kemungkinan penyelesaian masalah dengan sudut pandang yang berbeda. Keaslian ditunjukkan oleh kemampuan mengeksplorasi pengetahuan yang telah dimilikinya, dan elaborasi ditunjukkan oleh kemampuan menciptakan suatu hal menjadi bentuk baru yang koheren.