Abstract:
Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan, (1) struktur intrinsik pembangun cerita bersambung Tikus Bangkok karya Adinda As (2) aspek psikologis tokoh utama cerita bersambung Tikus Bangkok karya Adinda As, (3) rencana pelaksanaan pembelajaran.
Jenis penelitian ini adalah kualitatif. Sumber data penelitian yaitu cerita bersambung Tikus Bangkok. Data penelitian adalah psikologis tokoh cerita bersambung Tikus Bangkok. Sumber data yaitu deskripsi cerita bersambung Tikus Bangkok edisi 8 Agustus - 28 November Tahun 2015. Teknik pengumpulan data ini menggunakan teknik pustaka. Instrumen penelitian adalah peneliti sendiri dengan buku dan pensil sebagai instrumen tambahan Teknik analisis data menggunakan teknik analisis isi. Penyajian hasil analisis digunakan metode informal.
Hasil penelitian ini adalah: (1) unsur intrinsik cerita bersambung Tikus Bangkok meliputi: (a) tema: misteri kemunculan tikus bangkok dan keributan warga karena kemunculan tikus bangkok (b) tokoh utamanya: Suro Gentho dan tokoh tambahannya: Mbah Prawiro, Wahyu, Pak Manto, Waskito, (c) alur cerita: tahap penyituasian, tahap pemunculan konflik, tahap peningkatan konflik, tahap klimaks, dan tahap penyelesaian, (d) latar: dhukuh Sorogenen, Kali Kuning, gardhu ronda, rumah sakit. Latar waktu: malam hari, Minggu pagi; sabtu siang, dan latar sosial: status sosial rendah dan status sosial tinggi. (2) Aspek psikologi tokoh Suro Gentho dalam cerita bersambung Tikus Bangkok karya Adinda As meliputi id, ego dan superego. Aspek ego tokoh utama adalah yang paling kuat, dapat dilihat dari perwatakannya: emosi, kecemasan, dan bertekad untuk menyelamatkan keluarganya. Aspek id tokoh utama tidak terlalu kuat sebab id tokoh utama lebih menguasai kepribadian dan bersifat sementara. Hal tersebut dapat terlihat dari perwatakannya: rasa kesal, kepuasan batin dan khawatiran. Aspek superego tokoh utama tidak terlalu kuat, sebab superego tokoh utama bersifat sementara yang dapat dilihat dari perwatakannya: bijaksana, jujur, dan baik. (3) unsur intrinsik cerita bersambung Tikus Bangkok karya Adinda As yang telah dianalisis dapat dimanfaatkan untuk rencana pembelajaran di SMA untuk mencapai kompetensi inti, kompetensi dasar, dan indikator sebagaimana dijelaskan dalam kurikulum.