Repository-Universitas Muhammadiyah Purworejo

PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS LAPORAN PERJALANAN DENGAN TEKNIK 3M (MENGAMATI, MENIRU, DAN MENGEMBANGKAN) PADA SISWA KELAS VIII MTs MAMBA’UL HISAN MIRIT KABUPATEN KEBUMEN TAHUN AJARAN 2015/2016

Show simple item record

dc.contributor.author Winarsih, Agus
dc.date.accessioned 2018-02-08T08:56:21Z
dc.date.available 2018-02-08T08:56:21Z
dc.date.issued 2016
dc.identifier.uri http://repository.umpwr.ac.id:8080/handle/123456789/1794
dc.description.abstract Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan: (1) penerapan pembelajaran menulis laporan perjalanan dengan tekink 3M pada siswa kelas VIII MTs Mamba’ul Hisan Mirit; (2) perubahan sikap dan tingkah laku (khususnya sikap dan minat) siswa kelas VIIIB MTs Mmba’ul Hisan Ambal Kabupaten Kabupaten Kebumen pada tahun ajaran 2015/2016 setelah mengikuti pelajaran keterampilan menulis laporan perjalanan dengan teknik 3M (mengamati, meniru, dan mengembangkan); (3) peningkatan keterampilan menulis laporan perjalanan pada siswa kelas VIII MTs Mamba’ul Hisan Mirit Kabupaten Kebumen pada tahun ajaran 2015/2016 setelah mengikuti pembelajaran dengan teknik 3M (mengamati, meriru, dan menngembanngkan). Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang terdiri atas tiga tahap penelitian yaitu prasiklus, siklus I, dan siklus II. Setiap siklus terdiri atas empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII MTs Mamba’ul Hisan tahun ajaran 2015/2016. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik tes dan nontes. Data dianalisis dengan teknik kualitatif dan kuantitatif. Penyajian data hasil penelitian menggunakan teknik informal. Pengecekan keabsahan data menggunakan teknik triangulasi sumber, metode, dan teori. Hasil dari penelitian ini adalah (1) penetapan pembelajaran menulis laporan perjalanan dengan teknik 3M, yaitu (a) siswa mengamati teks laporan perjalanan yang telah disiapkan oleh guru; (b) guru memandu siswa untuk menuliskan pokok-pokok penting yang terdapat dalam teks laporan perjalanan, pokok-pokok tersebut merupakan pokok-pokok penting yang terdapat dalam laporan perjalanan yakni 5W+1H; (c) siswa meniru cara pembuatan dan penulisan laporan perjalanan yang benar; (d) siswa mengembangkan pokok-pokok penting menjadi laporan perjalanan yang singkat, padat, dan jelas; (2) pengaruh teknik 3M terhadap sikap dan minat siswa dalam pembelajaran menulis laporan perjalanan dapat dilihat dari hasil pengamatan. (3) tingkat keefektifan teknik 3M dalam menulis laporan perjalanan pada siswa en_US
dc.publisher PBSI-FKIP en_US
dc.subject Menulis Laporan Perjalanan, teknik 3M. en_US
dc.title PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS LAPORAN PERJALANAN DENGAN TEKNIK 3M (MENGAMATI, MENIRU, DAN MENGEMBANGKAN) PADA SISWA KELAS VIII MTs MAMBA’UL HISAN MIRIT KABUPATEN KEBUMEN TAHUN AJARAN 2015/2016 en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search Repository-UMP


Browse

My Account