dc.description.abstract |
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) prestasi belajar siswa bidang
keahlian Teknik Sepeda Motor dan bidang keahlian Teknik Komputer Jaringan,
(2) prestasi belajar siswa dengan minat tinggi prestasi belajar siswa dengan minat
sedang dan rendah, dan (3) ada interaksi antara bidang keahlian Teknik Sepeda
Motor, bidang keahlian Teknik Komputer Jaringan, dan minat belajar matematika
terhadap prestasi.
Penelitian ini merupakan penelitian ex post facto. Populasi pada penelitian ini
adalah seluruh siswa kelas X Bidang Keahlian Teknik Sepeda Motor dan Teknik
Komputer Jaringan tahun pelajaran 2016/2017. Teknik pengambilan sampel
dilakukan secara Cluster Random Sampling. Sampel dalam penelitian ini adalah
kelas X TSM A (Kelas Eksperimen I) dan kelas X TKJ A (Kelas Eksperimen II) .
Instrumen dalam penelitian ini tes prestasi, angket dan data dokumen. Analisis
data menggunakan analisis variansi dua jalan sel tak sama.
Analisis variansi dua jalan dilakukan setelah prasyarat anava terpenuhi,
diperoleh hasil: a). Fa = 6,341 dan Ftabel = 3,986, diperoleh Fa > Ftabel sehingga H0
ditolak sehingga disimpulkan prestasi belajar siswa bidang keahlian TKJ lebih
baik daripada bidang keahlian TSM. b). Fb = 132,110 dan Ftabel = 3,135, diperoleh
Fb > Ftabel sehingga H0 ditolak disimpulkan minat belajar memberikan pengaruh
yang berbeda-beda terhadap prestasi. c). Fab = 0,3948 dan Ftabel = 3,135, diperoleh
Fab < Ftabel sehingga H0 diterima disimpulkan tidak ada interaksi antara bidang
keahlian Teknik Sepeda Motor, bidang keahlian Teknik Komputer Jaringan, dan
minat belajar matematika terhadap prestasi. |
en_US |