Abstract:
Penelitian ini bertujuan 1) untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh motivasi
terhadap hasil belajar siswa kelas XI TKR di SMK Negeri 1 Purworejo tahun
ajaran 2015/2016, 2) untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh persepsi siswa
pada guru terhadap hasil belajar kelas XI TKR di SMK Negeri 1 Purworejo tahun
ajaran 2015/2016 dan 3) untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh motivasi
belajar dan persepsi siswa pada guru terhadap hasil belajar kelas XI TKR di SMK
Negeri 1 Purworejo tahun ajaran 2015/2016.
Jenis penelitian ini adalah ex post facto dengan jumlah sampel sampel 55
siswa dari dua kelas Teknik Kendaraan Ringan kelas XI di SMK Negeri 1
Purworejo. Variabel motivasi belajar dan persepsi siswa pada guru diperoleh
menggunakan angket. Data hasil belajar diperoleh menggunakan data
dokumentasi. Pengujian hipotesis menggunakan analisis regresi ganda.
Hasil penelitian menunjukkan 1) terdapat pengaruh motivasi terhadap hasil
belajar siswa kelas XI TKR di SMK Negeri 1 Purworejo tahun ajaran 2015/2016,
dengan t = 5,535 dan p=0,000. 2) Terdapat pengaruh persepsi siswa pada guru
terhadap hasil belajar siswa kelas XI TKR di SMK Negeri 1 Purworejo tahun
ajaran 2015/2016, dengan t = 3,751 dan p=0,000 dan 3) Terdapat pengaruh secara
serentak antara motivasi belajar dan persepsi siswa pada guru terhadap hasil
belajar siswa kelas XI TKR di SMK Negeri 1 Purworejo tahun ajaran 2015/2016,
dengan F = 18,024 dan p=0,000.