Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan
representasi matematis siswa dengan menggunakan metode pembelajaran
Spontaneous Group Discussion (SGD). Penelitian ini merupakan Penelitian
Tindakan Kelas (PTK) dengan subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII C SMP
N 33 Purworejo tahun pelajaran 2016/2017 sebanyak 33 siswa. Penelitian ini
menggunakan metode pembelajaran SGD dengan diskusi kelompok yang dibentuk
secara spontan yang pelaksanaannya dilakukan dengan cara berhitung.
Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan lembar observasi
keterlaksanaan metode pembelajaran SGD, wawancara tidak terstruktur, soal
evaluasi, dan dokumentasi. Data yang dikumpulkan dianalisis secara kuantitatif dan
dideskriptifkan secara kualitatif (narasi).
Hasil penelitian memberikan gambaran bahwa metode pembelajaran SGD
dapat meningkatkan kemampuan representasi matematis siswa. Hal ini dapat
terlihat dari yang semula siswa masih kesulitan dalam mengungkapkan ide atau
gagasan ke dalam bentuk visual berupa diagram, grafik, tabel, persamaan, ekspresi
matematis, dan teks tertulis, setelah dilakukan perbaikan dengan diberikan arahan,
bimbingan, motivasi, dan reward kepada siswa terjadi peningkatan dengan siswa
sudah mampu dalam mengungkapkan ide atau gagasannya ke dalam bentuk visual.
Hasil tersebut didukung dengan data kuantitatif yang menunjukkan bahwa
berdasarkan hasil evaluasi representasi matematis siswa terjadi peningkatan dari
yang semula pada siklus I sebesar 45,45% meningkat pada siklus II menjadi
75,76%. Hasil ini sudah sesuai dengan indikator keberhasilan yang diharapkan
peneliti.