Repository-Universitas Muhammadiyah Purworejo

Upaya Meningkatkan Kemampuan Representasi Matematis Siswa Melalui Implementasi Metode Pembelajaran Spontaneous Group Discussion pada Siswa Kelas VIII C SMP N 33 Purworejo Tahun Pelajaran 2016/2017

Show simple item record

dc.contributor.author Dirgantari, Dika
dc.date.accessioned 2018-02-08T08:59:51Z
dc.date.available 2018-02-08T08:59:51Z
dc.date.issued 2017
dc.identifier.uri http://repository.umpwr.ac.id:8080/handle/123456789/1798
dc.description.abstract Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan representasi matematis siswa dengan menggunakan metode pembelajaran Spontaneous Group Discussion (SGD). Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII C SMP N 33 Purworejo tahun pelajaran 2016/2017 sebanyak 33 siswa. Penelitian ini menggunakan metode pembelajaran SGD dengan diskusi kelompok yang dibentuk secara spontan yang pelaksanaannya dilakukan dengan cara berhitung. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan lembar observasi keterlaksanaan metode pembelajaran SGD, wawancara tidak terstruktur, soal evaluasi, dan dokumentasi. Data yang dikumpulkan dianalisis secara kuantitatif dan dideskriptifkan secara kualitatif (narasi). Hasil penelitian memberikan gambaran bahwa metode pembelajaran SGD dapat meningkatkan kemampuan representasi matematis siswa. Hal ini dapat terlihat dari yang semula siswa masih kesulitan dalam mengungkapkan ide atau gagasan ke dalam bentuk visual berupa diagram, grafik, tabel, persamaan, ekspresi matematis, dan teks tertulis, setelah dilakukan perbaikan dengan diberikan arahan, bimbingan, motivasi, dan reward kepada siswa terjadi peningkatan dengan siswa sudah mampu dalam mengungkapkan ide atau gagasannya ke dalam bentuk visual. Hasil tersebut didukung dengan data kuantitatif yang menunjukkan bahwa berdasarkan hasil evaluasi representasi matematis siswa terjadi peningkatan dari yang semula pada siklus I sebesar 45,45% meningkat pada siklus II menjadi 75,76%. Hasil ini sudah sesuai dengan indikator keberhasilan yang diharapkan peneliti. en_US
dc.publisher Pendidikan Matematika - FKIP en_US
dc.subject representasi matematis, metode pembelajaran Spontaneous Group Discussion en_US
dc.title Upaya Meningkatkan Kemampuan Representasi Matematis Siswa Melalui Implementasi Metode Pembelajaran Spontaneous Group Discussion pada Siswa Kelas VIII C SMP N 33 Purworejo Tahun Pelajaran 2016/2017 en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search Repository-UMP


Browse

My Account