Repository-Universitas Muhammadiyah Purworejo

NILAI ESTETIKA DALAM NOVEL MAHAMIMPI ANAK NEGERI KARYA SUYATNA PAMUNGKAS DAN SKENARIO PEMBELAJARANNYA DI KELAS XI SMA

Show simple item record

dc.contributor.author Riyanti, Badri
dc.date.accessioned 2018-02-08T09:01:56Z
dc.date.available 2018-02-08T09:01:56Z
dc.date.issued 2016
dc.identifier.uri http://repository.umpwr.ac.id:8080/handle/123456789/1799
dc.description.abstract Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan (1) unsur intrinsik novel Mahamimpi Anak Negeri (2) nilai estetika dalam novel Mahamimpi Anak Negeri, dan (3) skenario pembelajaran unsur intrinsik dan nilai estetika dalam novel Mahamimpi Anak Negeri di kelas XI SMA. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Objek penelitian ini adalah unsur intrinsik dan nilai estetika dalam novel Mahamimpi Anak Negeri karya Suyatna Pamungkas. Dengan fokus unsur intrinsik berupa tema, tokoh dan penokohan, alur, latar, majas, amanat, serta nilai estetika berupa keindahan moral, susila, akal, alami, dan skenario pembelajarannya di kelas XI SMA. Sumber data adalah novel Mahamimpi Anak Negeri karya Suyatna Pamungkas. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi dan teknik catat. Analisis data dilakukan dengan teknik analisis isi. Hasil analisis data disajikan dengan teknik informal. Hasil penelitian disimpulkan bahwa (1) unsur intrinsik novel Mahamimpi Anak Negeri karya Suyatna Pamungkas yaitu (a) tema terdiri dari tema mayor dan tema minor. Tema mayor: kesabaran dalam menerima segala macam cobaan hidup, sedangkan tema minor: cinta kasih, pendidikan, dan keimanan; (b) tokoh utama dalam novel ini adalah Elang, Tegar, Darwin, Waris, dan Senja. Tokoh tambahannya adalah Pak Sapon, Ibu Elang, Ayah Elang, Bu Supriatin, Pak Ahmad, Kardi, dan Warsih. Penggambaran tokoh dan penokohan dilakukan secara analitik dan dramatik; (c) alur yang digunakan adalah alur maju, meliputi tahap penyituasian, pemunculan konflik, peningkatan konflik, klimaks dan penyelesaian, sedangkan kaidah pengembangan plot terdiri dari tegangan, daya duga bayang, dan kejutan; (d) latar tempat ada yang dihadirkan secara utuh dan tidak utuh. Latar waktu yang digunakan adalah pagi, siang, sore, malam dan hari.Latar sosial meliputi seorang Ibu, polisi hutan, ustaz, guru, dan kompeni. Penggambaran latar memperhatikan fungsi metafora dan atmosfer; (e) majas yang digunakan personifikasi, metafora, hiperbola, simile dan ironi; (f) amanat dalam novel ini meliputi saling berbagi dengan sesama manusia (eksplisit), saling tolong-menolong jika ada yang membutuhkan pertolongan (eksplisit), dan optimistis untuk mewujudkan keinginan yang diharapkan (eksplisit), selalu sabar dan ikhlas karena Allah Swt. dan tidak mudah menyerah dalam menghadapi segala macam cobaan (implisit), serta berusaha untuk selalu jujur dalam keadaan apa pun (implisit); (2) Nilai estetika dalam novel ini meliputi (a) keindahan moral, (b) keindahan susila, (c) keindahan akal, dan (d) keindahan alami; (3) Skenario pembelajaran sastra disesuaikan dengan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Langkah-langkah pembelajaran unsur intrinsik dan nilai estetika yang digunakan meliputi kegiatan pendahuluan, kegiatan inti (eksplorasi, elaborasi, konfirmasi), dan kegiatan penutup dengan mewajibkan siswa membaca novel. en_US
dc.publisher PBSI-FKIP en_US
dc.subject Unsur Intrinsik, Nilai Estetika, dan Skenario Pembelajaran en_US
dc.title NILAI ESTETIKA DALAM NOVEL MAHAMIMPI ANAK NEGERI KARYA SUYATNA PAMUNGKAS DAN SKENARIO PEMBELAJARANNYA DI KELAS XI SMA en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search Repository-UMP


Browse

My Account