Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan yang positif dan
signifikan antara: (1) konsep diri; (2) kepercayaan diri; (3) kreativitas; (4) konsep
diri, kepercayaan diri, dan kreativitas terhadap prestasi belajar matematika.
Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri di
Kecamatan Klirong sebanyak 550 orang dengan sampel sebanyak 213 orang.
Pengambilan sampel dengan teknik proportionate random sampling. Teknik
pengambilan data menggunakan dokumentasi, angket dan tes. Teknik analisis data
menggunakan analisis korelasi dan regresi. Sebagai persyaratan analisis dilakukan
uji normalitas, uji multikolinieritas, uji heteroskedastisitas, uji linearitas, dan uji
autokorelasi.
Berdasarkan hasil analisis data diperoleh koefisien korelasi 1 prediktor
sebesar: 0,16; 0,15; 0,27 dan thitung berturut-turut sebesar : 2,354; 2,138; 4,073
dengan ttabel : 1,960 maka pengujian hipotesis tersebut menghasilkan thitung > ttabel
sehingga H0 ditolak. Kemudian diperoleh koefisien korelasi 3 prediktor sebesar:
0,02 dan Fhitung sebesar 1,42 dengan Ftabel : 2,65 maka pengujian hipotesis tersebut
menghasilkan Fhitung < Ftabel sehingga H0 diterima. Kesimpulan dalam penelitian ini
terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara: (1) konsep diri; (2)
kepercayaan diri; (3) kreativitas; (4) terdapat hubungan yang positif dan tidak
signifikan antara konsep diri, kepercayaan diri, dan kreativitas terhadap prestasi
belajar matematika