Repository-Universitas Muhammadiyah Purworejo

PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS PANTUN DENGAN MEDIA AUDIO VISUAL PADA SISWA KELAS VII SMP PANGERAN DIPONEGORO KARANGGAYAM KABUPATEN KEBUMEN TAHUN PELAJARAN 2015/2016

Show simple item record

dc.contributor.author Sariati, Endang
dc.date.accessioned 2018-02-08T09:04:29Z
dc.date.available 2018-02-08T09:04:29Z
dc.date.issued 2016
dc.identifier.uri http://repository.umpwr.ac.id:8080/handle/123456789/1801
dc.description.abstract Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan: (1) penerapan pembelajaran menulis pantun dengan media audio visual pada siswa kelas VII SMP Pangeran Diponegoro Karanggayam Kabupaten Kebumen; (2) pengaruh penggunaan media audio visual terhadap sikap dan minat siswa dalam pembelajaran menulis pantun pada siswa kelas VII SMP Pangeran Diponegoro Karanggayam Kabupaten Kebumen; (3) peningkatan keterampilan menulis pantun setelah diadakan pembelajaran dengan media audio visual pada siswa kelas VII SMP Pangeran Diponegoro Karanggayam Kabupaten Kebumen. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang terdiri dari tiga tahap penelitian, yaitu prasiklus, siklus I, dan siklus II. Setiap siklus terdiri dari empat tahap, yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Pangeran Diponegoro tahun ajaran 2015/2016. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik tes dan nontes. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik tes yang digunakan untuk mengetahui kemampuan siswa dalam menulis pantun dan teknik nontes digunakan untuk mengetahui sikap dan minat siswa pada saat pembelajaran menulis pantun. Data dianalisis dengan teknik kualitatif yaitu untuk mengetahui sikap dan minat siswa saat pembelajaran menulis pantun dan teknik kuantitatif yaitu untuk menganalisis data yang berupa skor hasil penilaian keterampilan siswa dalam menulis pantun. Hasil dari penelitian ini adalah (1) penerapan pembelajaran menulis pantun dengan audio visual, yaitu (a) siswa menyaksikan lenong pantun yang telah disiapkan guru; (b) siswa mengidentifikasi kata-kata yang ada dalam tayangan lenong pantun; (c) siswa memilih kata-kata yang baik untuk dijadikan teks pantun; (d) siswa dan penulis menentukan tema “persahabatan”; (e) siswa menulis pantun sesuai dengan tema. (2) Pengaruh media audio visual terhadap sikap dan minat siswa dalam pembelajaran menulis pantun dapat dilihat dari hasil pengamatan, yaitu (a) kesiapan siswa dalam mengikuti pembelajaran; (b) perhatian siswa terhadap pembelajaran; (c) respon siswa terhadap media; (d) sikap siswa saat pembelajaran; (e) keaktifan siswa saat pembelajaran. (3) Peningkatan keterampilan menulis pantun dengan media audio visual terlihat dari meningkatnya jumlah nilai rata-rata kelas. Nilai rata-rata kelas pada prasiklus 58, 92 menjadi 71,69 pada siklus I dan meningkat menjadi 78, 32 pada siklus II. en_US
dc.publisher PBSI-FKIP en_US
dc.subject Menulis Pantun, Media Audio Visual en_US
dc.title PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS PANTUN DENGAN MEDIA AUDIO VISUAL PADA SISWA KELAS VII SMP PANGERAN DIPONEGORO KARANGGAYAM KABUPATEN KEBUMEN TAHUN PELAJARAN 2015/2016 en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search Repository-UMP


Browse

My Account