Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman konsep dan
prestasi belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran Spontaneous
Group Discussion (SGD) pada siswa kelas VIII B MTs Ma’arif NU Purworejo.
Subjek dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII-B MTs
Ma’arif NU Purworejo tahun pelajaran 2016/2017 yang berjumlah 25 siswa,
dengan 17 putra dan 8 putri. Penelitian ini dilaksanakan mulai bulan Desember
2016 sampai Mei 2017. Penelitian ini dilaksanakan 2 siklus yaitu siklus I dan
siklus II. Tiap siklus terdiri dari 3 kali pertemuan dengan pertemuan terakhir
digunakan untuk tes evaluasi siklus. Instrumen dalam penelitian ini menggunakan
tes, observasi, dan dokumentasi. Tes untuk mengukur pemahaman konsep dan
prestasi belajar matematika siswa. Observasi untuk mengetahui lembar
keterlaksanaan model pembelajaran SGD. Data hasil tes dianalisis menggunakan
kuantitatif secara deskriptif.
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa pembelajaran dengan
menggunakan model Spontaneous Group Discussion (SGD), dapat meningkatkan
pemahaman konsep. Siswa dapat menyajikan kembali suatu konsep matematika
yang ditunjukkan dengan siswa mampu memahami konsep matematika dalam
menyelesaikan permasalahan matematis. Rerata persentase pemahaman konsep
siklus I yaitu 60,02% dengan kategori cukup. Pada siklus II mengalami kenaikan
menjadi 76,33% dengan kategori baik. Sedangkan untuk prestasi belajar
matematika siswa mengalami peningkatan. Siswa yang tuntas KKM mengalami
peningkatan dari 4% pada pra siklus, menjadi 28% pada siklus I dan meningkat
kembali 72% pada siklus II. Peningkatan ini ditunjukkan dengan keberhasilan
siswa dalam mencapai indikator pembelajaran pada materi kubus dan balok yaitu
siswa sudah dapat membuat jaring-jaring kubus dan balok, menghitung rumus
luas permukaan kubus dan balok serta menghitung volumenya.