Repository-Universitas Muhammadiyah Purworejo

Peningkatan Pemahaman Konsep dan Prestasi Belajar Matematika dengan Model Pembelajaran Spontaneous Group Discussion (SGD) pada Siswa Kelas VIII-B MTs Ma’arif NU Purworejo Tahun Pelajaran 2016/2017

Show simple item record

dc.contributor.author Fatoni, Arif
dc.date.accessioned 2018-02-08T09:04:57Z
dc.date.available 2018-02-08T09:04:57Z
dc.date.issued 2017
dc.identifier.uri http://repository.umpwr.ac.id:8080/handle/123456789/1802
dc.description.abstract Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman konsep dan prestasi belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran Spontaneous Group Discussion (SGD) pada siswa kelas VIII B MTs Ma’arif NU Purworejo. Subjek dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII-B MTs Ma’arif NU Purworejo tahun pelajaran 2016/2017 yang berjumlah 25 siswa, dengan 17 putra dan 8 putri. Penelitian ini dilaksanakan mulai bulan Desember 2016 sampai Mei 2017. Penelitian ini dilaksanakan 2 siklus yaitu siklus I dan siklus II. Tiap siklus terdiri dari 3 kali pertemuan dengan pertemuan terakhir digunakan untuk tes evaluasi siklus. Instrumen dalam penelitian ini menggunakan tes, observasi, dan dokumentasi. Tes untuk mengukur pemahaman konsep dan prestasi belajar matematika siswa. Observasi untuk mengetahui lembar keterlaksanaan model pembelajaran SGD. Data hasil tes dianalisis menggunakan kuantitatif secara deskriptif. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa pembelajaran dengan menggunakan model Spontaneous Group Discussion (SGD), dapat meningkatkan pemahaman konsep. Siswa dapat menyajikan kembali suatu konsep matematika yang ditunjukkan dengan siswa mampu memahami konsep matematika dalam menyelesaikan permasalahan matematis. Rerata persentase pemahaman konsep siklus I yaitu 60,02% dengan kategori cukup. Pada siklus II mengalami kenaikan menjadi 76,33% dengan kategori baik. Sedangkan untuk prestasi belajar matematika siswa mengalami peningkatan. Siswa yang tuntas KKM mengalami peningkatan dari 4% pada pra siklus, menjadi 28% pada siklus I dan meningkat kembali 72% pada siklus II. Peningkatan ini ditunjukkan dengan keberhasilan siswa dalam mencapai indikator pembelajaran pada materi kubus dan balok yaitu siswa sudah dapat membuat jaring-jaring kubus dan balok, menghitung rumus luas permukaan kubus dan balok serta menghitung volumenya. en_US
dc.publisher Pendidikan Matematika - FKIP en_US
dc.subject pemahaman konsep, prestasi belajar, Spontaneous Group Discussion (SGD) en_US
dc.title Peningkatan Pemahaman Konsep dan Prestasi Belajar Matematika dengan Model Pembelajaran Spontaneous Group Discussion (SGD) pada Siswa Kelas VIII-B MTs Ma’arif NU Purworejo Tahun Pelajaran 2016/2017 en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search Repository-UMP


Browse

My Account