Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: (1) proses pembelajaran
menulis puisi dengan metode jigsaw melalui media gambar pada siswa kelas VII
SMP IT Ulul Albab Purworejo, (2) peningkatan keterampilan menulis puisi
dengan metode jigsaw melalui media gambar pada siswa kelas VII SMP IT Ulul
Albab Purworejo.
Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP IT Ulul Albab Purworejo
dengan jumlah siswa 32 dan semuanya laki-laki. Objek dalam penelitian ini
adalah peningkatan keterampilan menulis puisi dengan metode jigsaw melalui
media gambar pada siswa kelas VII SMP IT Ulul Albab Purworejo tahun
pelajaran 2014/2015. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan
kelas (PTK) model Arikunto (2010:16) yang terdiri terdiri dari empat tahapan,
yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Teknik pengumpulan
data digunakan teknik tes dan non tes. Teknik analisis data dilakukan secara
kuantitatif dan kualitatif. Selanjutnya dalam teknik penyajian hasil analisis data
digunakan teknik informal.
Proses pembelajaran keterampilan menulis puisi dengan metode jigsaw
melalui media gambar pada siswa kelas VII SMP IT Ulul Albab Purworejo
meliputi tahapan perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi yang
dilakukan pada setiap siklusnya. Pada tahap prasiklus proses pembelajaran
dilakukan dengan media gambar saja. Pada tahap siklus I, proses pembelajaran
menggunakan metode jigsaw melalui media gambar dengan membagi siswa
menjadi tujuh kelompok, peneliti menjelaskan materi pembelajaran lalu
dikembalikan ke siswa untuk dipelajari lagi secara berkelompok, membagikan
gambar kepada siswa per kelompok, dan menugaskan siswa untuk menulis puisi
sesuai gambar yang telah dibagikan. Pada tahap siklus II sama dengan apa yang
dilakukan pada tahap siklus I, hanya media gambar yang berbeda. Peningkatan
keterampilan menulis puisi dengan metode jigsaw melalui media gambar pada
siswa kelas VII SMP IT Ulul Albab Purworejo mengalami peningkatan dari setiap
siklusnya. Pada tahap prasiklus, nilai rata-rata siswa 62,02. Siswa yang nilainya
tuntas ada 3 dan yang belum tuntas sebanyak 27. Pada tahap siklus I nilai rata-rata
siswa meningkat menjadi 68,95. Siswa yang nilainya tuntas sebanyak 14 dan yang
belum tuntas sebanyak 14. Pada tahap siklus II, nilai rata-rata siswa meningkat
lagi menjadi 72,50. Siswa yang nilainya tuntas sebanyak 17 dan yang belum
tuntas sebanyak 5. Berdasarkan uraian di atas, dapat disimpulkan bahwa
pembelajaran keterampilan menulis puisi dengan metode jigsaw melalui media
gambar pada siswa kelas VII SMP IT Ulul Albab Purworejo meningkat.