Repository-Universitas Muhammadiyah Purworejo

PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS PUISI DENGAN METODE JIGSAW MELALUI MEDIA GAMBAR PADA SISWA KELAS VII SMP IT ULUL ALBAB PURWOREJO TAHUN PELAJARAN 2014/2015

Show simple item record

dc.contributor.author Kurniawan, Indra
dc.date.accessioned 2018-02-08T09:07:56Z
dc.date.available 2018-02-08T09:07:56Z
dc.date.issued 2016
dc.identifier.uri http://repository.umpwr.ac.id:8080/handle/123456789/1803
dc.description.abstract Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: (1) proses pembelajaran menulis puisi dengan metode jigsaw melalui media gambar pada siswa kelas VII SMP IT Ulul Albab Purworejo, (2) peningkatan keterampilan menulis puisi dengan metode jigsaw melalui media gambar pada siswa kelas VII SMP IT Ulul Albab Purworejo. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP IT Ulul Albab Purworejo dengan jumlah siswa 32 dan semuanya laki-laki. Objek dalam penelitian ini adalah peningkatan keterampilan menulis puisi dengan metode jigsaw melalui media gambar pada siswa kelas VII SMP IT Ulul Albab Purworejo tahun pelajaran 2014/2015. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas (PTK) model Arikunto (2010:16) yang terdiri terdiri dari empat tahapan, yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Teknik pengumpulan data digunakan teknik tes dan non tes. Teknik analisis data dilakukan secara kuantitatif dan kualitatif. Selanjutnya dalam teknik penyajian hasil analisis data digunakan teknik informal. Proses pembelajaran keterampilan menulis puisi dengan metode jigsaw melalui media gambar pada siswa kelas VII SMP IT Ulul Albab Purworejo meliputi tahapan perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi yang dilakukan pada setiap siklusnya. Pada tahap prasiklus proses pembelajaran dilakukan dengan media gambar saja. Pada tahap siklus I, proses pembelajaran menggunakan metode jigsaw melalui media gambar dengan membagi siswa menjadi tujuh kelompok, peneliti menjelaskan materi pembelajaran lalu dikembalikan ke siswa untuk dipelajari lagi secara berkelompok, membagikan gambar kepada siswa per kelompok, dan menugaskan siswa untuk menulis puisi sesuai gambar yang telah dibagikan. Pada tahap siklus II sama dengan apa yang dilakukan pada tahap siklus I, hanya media gambar yang berbeda. Peningkatan keterampilan menulis puisi dengan metode jigsaw melalui media gambar pada siswa kelas VII SMP IT Ulul Albab Purworejo mengalami peningkatan dari setiap siklusnya. Pada tahap prasiklus, nilai rata-rata siswa 62,02. Siswa yang nilainya tuntas ada 3 dan yang belum tuntas sebanyak 27. Pada tahap siklus I nilai rata-rata siswa meningkat menjadi 68,95. Siswa yang nilainya tuntas sebanyak 14 dan yang belum tuntas sebanyak 14. Pada tahap siklus II, nilai rata-rata siswa meningkat lagi menjadi 72,50. Siswa yang nilainya tuntas sebanyak 17 dan yang belum tuntas sebanyak 5. Berdasarkan uraian di atas, dapat disimpulkan bahwa pembelajaran keterampilan menulis puisi dengan metode jigsaw melalui media gambar pada siswa kelas VII SMP IT Ulul Albab Purworejo meningkat. en_US
dc.publisher PBSI-FKIP en_US
dc.subject keterampilan menulis puisi, metode jigsaw, media gambar. en_US
dc.title PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS PUISI DENGAN METODE JIGSAW MELALUI MEDIA GAMBAR PADA SISWA KELAS VII SMP IT ULUL ALBAB PURWOREJO TAHUN PELAJARAN 2014/2015 en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search Repository-UMP


Browse

My Account