Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: (1) unsur intrinsik novel Geni Jora
Karya Abidah El Khalieqy, (2) nilai religius novel Geni Jora Karya Abidah El Khalieqy,
dan (3) skenario pembelajaran novel Geni Jora Karya Abidah El Khalieqy di kelas XI
SMA.
Objek penelitian ini adalah unsur intrinsik dan nilai religius novel Geni Jora Karya
Abidah El Khalieqy. Fokus penelitian ini adalah nilai religius tokoh utama dalam novel
Geni Jora karya Abidah El Khalieqy, serta skenario pembelajarannya di kelas XI SMA.
Sumber data berupa novel Geni Jora. Instrumen penelitian ini adalah dengan kartu
pencatat data. Pengumpulan data penelitian ini dilakukan dengan metode observasi.
Teknik analisis data penelitian ini adalah dengan analisis isi (content analysis). Teknik
yang digunakan penulis untuk menyajikan hasil analisis adalah teknik penyajian informal.
Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa (1) unsur intrinsik novel
Geni Jora karya Abidah El Khalieqy terdiri atas tema mayor dan tema minor. Tema
minor: ketidaksetaraan gender antara laki-laki dan perempuan, cinta dan rasa cemburu.
Tema mayor: sosok seorang perempuan yang memiliki keberanian dalam menghadapi
masalah, dan tegas dalam masalah percintaan dan menjaga martabat sebagai seorang
wanita; tokoh utama: Jora; tokoh tambahan: Nadia, Zakky, Ustad Umar, Sonya, Elya,
Prahara, Paman Khalil, Paman Hasan, Lola, Alex baldwin, Namnya, dan Asaav; alur: alur
maju; latar: latar waktu: tempat: sosial: dan sudut pandang: persona ketiga dengan
menyebutkan “nama” dan sudut pandang persona pertama gaya “aku”, (2) nilai religius
novel Geni Jora Karya Abidah El Khalieqy mencakup empat aspek, yaitu: a) hubungan
manusia dengan Tuhan meliputi: salat berjamaah, salat tahajud, puasa, memuji Tuhan,
mohon ampun, menyebut Nama Allah, takwa, doa, sadar akan kesalahan; b) hubungan
manusia dengan manusia meliputi: memberi salam, rasah kasih sayang, persaudaraan,
silahturahmi, dan peduli; c) hubungan manusia dengan alam sekitar meliputi: memuji
keindahan alam (mencintai flora dan fauna); d) hubungan manusia dengan diri sendiri
meliputi: menepati janji, setia, dan jujur, (3) skenario pembelajaran novel Geni Jora
Karya Abidah El Khalieqy Asma Nadia menggunakan model pembelajaran kooperatif
Group Investigation. Metode pembelajaran yang digunakan, yakni metode ceramah,
diskusi, tanya jawab, dan pemberian tugas. Evaluasi yang digunakan dalam pembelajaran
novel Geni Jora Karya Abidah El Khalieqy secara tertulis dengan menggunakan tes esai