Abstract:
Tujuan penelitian ini untuk (1) untuk mengetahui seberapa besar
peningkatan minat belajar mahasiswa dengan menggunakan media trainer
AC mobil. (2) untuk mengetahui seberapa besar peningkatan hasil belajar
mahasiswa dengan menggunakan media trainer AC mobil pada mahasiswa
semester VI Pendidikan Teknik Otomotif Universitas Muhammadiyah
Purworejo.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis
Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Urutan kegiatan penelitian mencakup 4
tahap meliputi: (1) perencanaan, (2) pelaksanaan, (3) pengamatan dan (4)
refleksi. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yang digunakan yakni
Lembar Angket, dan Tes. Analisis yang digunakan peneliti menggunakan
teknik deskriptif kuantitatif.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) penggunaan media
pembelajaran sistem AC dapat meningkatkan minat belajar mahasiswa dari
persentase rata-rata pada angket pra siklus yaitu 59%, angket pada siklus I
menjadi 63%, dan pada siklus II menjadi 70%, dan (2) penggunaan media
pembelajaran sistem AC dapat meningkatkan pada hasil belajar mahasiswa
dengan rata-rata awal 65,8 , setelah dilaksanakan siklus I meningkat menjadi
72 dengan prosentase pencapaian 50% dan pada akhir siklus II terjadi
peningkatan menjadi 77 dengan prosentase pencapaian 80%.